Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bang Imam Sampaikan Pentingnya Suatu Kota Memiliki Visi

JD 12 - berita depok
Sabtu, 3 Juni 2023, 12:38 WIB
News
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menghadiri Wisuda Tahfidz Al-Quran ke-XII dan pelepasan Santri SMP dan SMA Pondok Pesantren Rumah Al-Qur'an Daarut Tarbiyah, di aula Gedung Rabbani, Sabtu (03/06/23). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menekankan pentingnya suatu kota memiliki sebuah visi yang mampu membawa kotanya pada tujuan yang baik. Yaitu tujuan dari kehidupan yakni beragama, berbangsa dan bernegara. 

Terlebih, ungkap Bang Imam, sapaannya, jika itu semua dibingkai dengan Al-Qur'an, sebagai pedoman hidup bagi umat Islam. Maka, Al-Qur'an akan membawa kepada keberkahan. 

"Al-Qur'an mengajarkan kita pastinya segala sesuatu untuk menciptakan dan membuat alam ini, membuat kita sebagai manusia juga menjadi lebih baik. Dengan Al-Qur'an saya yakin bahwa kita akan menjadi manusia-manusia yang soleh yang bermanfaat bagi diri kita, keluarga, agama serta nusa dan bangsa," ujarnya kepada berita.depok.go.id, di sela-sela acara Wisuda Tahfidz Al-Qur'an XII dan pelepasan Santri SMP dan SMA Pondok Pesantren Rumah Al-Quran Daarut Tarbiyah, di aula Gedung Rabbani, Sabtu (03/06/23). 

Bang Imam mencontohkan, Al-Qur'an dan Rasulullah telah mengajarkan umat Islam dalam konsep pembangunan untuk semua atau dikenal dengan Rahmatan lil 'Alamin. Artinya pembanguan tidak hanya mempertimbangkan dari segi manusia, tetap juga tumbuhan, hewan, air dan udara.

"Itulah kesalahan kita dalam membuat konsep pembanguan selama ini, hanya untuk manusia. Sehingga alam dirusak, tumbuhan ditebang, air dikotori, padahal Rasulullah tidak mengajarkan itu," ungkapnya.  

"Saya berharap adik-adik penghafal Al-Qur'an, bisa menerapkan ilmunya dalam konsep pembangunan. Bersama-sama kami dalam sebuah konsep pembangunan itu semua, yang diajarkan oleh Rasulullah sebagai Rahmatan lil 'Alamin," sambungnya. 

Dia menambahkan, konsep Rahmatan lil 'Alamin harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Dengan begitu, kebaikan alam yang sudah tercipta bisa terus dijaga kelestariannya.

"Mudah-mudahan di Pondok Pesantren Rumah Al-Quran Daarut Tarbiyah termasuk mendidik anak-anaknya untuk memahami konsep Rahmatan lil 'Alamin baik kita membangun, bersahabat dengan sesama manusia," tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD 04)