Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Anak-anak di Sukmajaya Diajak Tumbuhkan Minat Baca dan Cinta Lingkungan

JD 12 - berita depok
Selasa, 24 Januari 2023, 9:19 WIB
News

berita.depok.go.id-Komunitas Ruang Baca Sarang Buku (RuBaSaBu) bersama Ecobrick Heroes menggelar acara Literasi Alam untuk Generasi Cinta Alam. Memanfaatkan Taman Merdeka sebagai lokasi acara, kegiatan tersebut melibatkan anak-anak yang bermain di sekitar taman.

"Peserta yang hadir 23 anak dan kita ajak dari pengunjung pasar kaget Taman Merdeka, kebanyakan memang tinggal di wilayah Kecamatan Sukmajaya," ujar Founder RuBaSaBu, Sativa Trimaraeni, kepada berita.depok.go.id, Selasa (23/01/23).

Kegiatan yang diadakan pada hari Minggu (22/01) ini, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Seperti literasi RuBaSaBu, permainan cerdas cermat, dongeng dari Bunda Literasi Kecamatan Sukmajaya, Dede Nurlaela Wiyana, permainan tradisional dan senam.

Selain itu, anak-anak juga diberikan edukasi terkait pengelolaan sampah. Mulai dari memilah hingga memanfaatkan sampah plastik untuk ecobrick.

"Kemarin itu, kita juga adakan operasi semut, yaitu mengambil sampah yang ada di sekitar Taman Merdeka. Kemudian, memilah sampah organik dan non organik,

lalu memasukan sampah plastik kering ke dalam botol untuk dijadikan ecobrick," jelasnya.

Sementara itu, Founder Ecobrick Heroes, Amr Ibrahim mengatakan, tujuan dari edukasi ecobrick adalah agar anak-anak bisa mengetahui sampah organik dan anorganik, sehingga mereka mampu memilah dan memanfaatkan sampah plastik.

"Sampah plastik di indonesia sangatlah mengkhawatirkan. Oleh karna itu, dengan memulai sejak dini menjadi generasi anti plastik dan generasi cinta alam, kami yakin secara perlahan volume sampah akan bisa dikurangi." katanya.

Keduanya pun sepakat, dengan terselenggaranya acara ini diharapkan mampu memberikan manfaat serta memotivasi masyarakat agar lebih peduli dengan kondisi sekitar. Terutama tentang budaya membaca buku dan cinta kepada alam.

"Melihat antusiasme anak-anak dan orang tua kemarin, InsyaAllah kita akan kembali adakan acara serupa. Mereka juga berharap edukasi tentang sampah ini bisa terus berlanjut," tandas keduanya. (JD 12/ED 01/EUD03)