Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

637 WBP Rutan Depok Dapatkan Remisi HUT ke-78 RI

JD 03 - berita depok
Kamis, 17 Agustus 2023, 11:45 WIB
News
Pemberian remisi kepada WBP Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Depok. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Depok memberikan potongan masa tahanan atau remisi kepada 637 orang narapidana Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78  Republik Indonesia (RI). Dari ratusan narapidana yang mendapat remisi tersebut, lima diantaranya dinyatakan langsung bebas. 

Kepala Rutan Kelas 1 Depok, Andi Gunawan mengatakan, penyerahan remisi langsung diserahkan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris di sela-sela upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Balai Kota Depok, Kamis  (17/08/23) 

"Total pemberian remisi umum (RU) di 17 Agustus 2023 ada 637 warga binaan pemasyarakatan (WBP), perincian RU I (masih jalani masa hukuman) ada 632 orang dan RU 2 (langsung bebas) ada 5 orang," tuturnya kepada berita.depok.go.id.

Dikatakannya, besaran  remisi  yang didapat dari mulai dari satu bulan sampai enam bulan. Sedangkan untuk syarat remisi  paling utama adalah berkelakuan baik. 

"Untuk  berkelakuan baik ini sudah standar nasional dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) jadi kita lakukan seobjektif mungkin, baru persyaratan lainnya, seperti aktif mengikuti kegiatan, minimal sudah menjalani enam bulan pidana," jelasnya. 

Lebih lanjut, dirinya berpesan agar WBP yang mendapat remisi nantinya bisa berubah menjadi lebih baik lagi dan benar-benar menjadi anggota masyarakat yang taat hukum. Dengan begitu, mereka tidak akan mengulangi kesalahannya lagi. 

“Saya berharap kepada lima warga binaan yang telah bebas ini, ketika sudah berada di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi manusia yang mandiri, taat hukum, dan kembali lagi bersama membangun negara kita tercinta ini,” 

Sementara itu salah satu penerima remisi, Firdaus, mengaku senang mendapatkan remisi. Menurutnya momentum HUT ke-78 RI sangat menggembirakan. 

"Tentunya senang, di hari kemerdekaan ini dapat remisi tahanan, sehingga bebas. Selama di rutan saya banyak melakukan aktivitas, seperti olahraga,"tutupnya. (JD03/ED01).