Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

50 Kader PKK se-Sukmajaya Ikuti Pelatihan Publik Speaking

Selasa, 17 September 2019, 22:34 WIB
Maju

Puluhan kader PKK se-Kecamatan Sukmajaya mendengar pemaparan tentang komunikasi efektif di kantor Kelurahan Cisalak, Selasa (17/09/2019). (Foto : Diskominfo)

 

 Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Sukmajaya hari ini menggelar Pelatihan Publik Speaking. Kegiatan tersebut diikuti 50 kader PKK tingkat kelurahan dan kecamatan se-Sukmajaya.

Ketua TP PKK Kecamatan, Yulia Oktavia mengatakan, tujuan pelatihan guna meningkatkan keterampilan komunikasi para kader. Selain itu, mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Kualitas manusia dilihat dari berbagai aspek. Selain dari berpikir, juga dari kemampuan verbal. Pelatihan ini untuk melatih keberanian para kader saat memberikan sosialisasi di masyarakat,” kata Yulia di kantor Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Selasa (17/09/2019).

Dikatakannya, hadir dalam kesempatan itu Andi Ina Gustina Praktisi Publik Speaking dan penggagas program Ibu Bicara. Dalam pelantihan, Andi Ina Gustina menyampaikan tentang kiat sukses menjadi pembicara.

“Selain kematerian, kita juga ada praktiknya. Masing-masing kader dikumpulkan berdasarkan wilayah dan berlatih berbicara sesuai dengan materi yang diberikan,” jelasnya.

Sementara itu, pembicara Andi Ina Gustina menyampaikan tentang komunikasi efektif dan beberapa tips saat berbicara di depan publik. Mulai dari persiapkan bahan materi dengan baik, mengenali audiens dan lokasi pertemuan, di dalam atau di luar ruangan. Kemudian persiapkan permainan interaktif untuk selingan agar audiens tidak jenuh.

“Memang untuk bisa berbicara di depan publik itu harus mau berlatih dan mengevaluasi diri. Lalu berlatih lagi, belajar dari hasil evaluasi sebelumnya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama,” pungkasnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo