Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Wujudkan Smart City, Diskominfo Fokus Bentuk Data Terpadu

JD 05 - berita depok
Rabu, 19 Februari 2020, 15:57 WIB

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono memberikan paparan dalam kegiatan Forum Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2021, di Kinasih Resort, Rabu (19/02/2020). (Foto : JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok terus melakukan berbagai upaya guna mendorong Kota Depok menjadi Kota Cerdas (Smart City). Termasuk membuat basis data terpadu yang bisa menjadi acuan dalam pembangunan di Kota Sejuta Maulid ini.

"Berbicara Smart City  bukan hanya tentang aplikasi. Tapi bagaimana mengimplementasikan satu data yang kita miliki untuk menjadikan acuan dalam membangun Kota Depok," tutur Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono, usai Forum Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah tahun 2021, di Kinasih Resort, Tapos, Rabu (19/02/20).

Sidik menjelaskan, saat ini telah dikeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Perpres ini bertujuan agar pemerintah dapat mengumpulkan, mengelola, dan memanfaatkan data secara akurat, mutakhir, terpadu, mudah diakses, dipakai, dan dipertanggungjawabkan.

“Meski begitu, untuk bisa memiliki basis data terpadu atau satu data perlu adanya dukungan dan kolaborasi dari seluruh Perangkat Daerah (PD) yang ada,”  terangnya.

Dirinya menambahkan, saat ini data yang dimiliki setiap PD belum terintegrasi seluruhnya. Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya mengintegrasikan seluruh data tersebut ke dalam warehouse yang dikelola oleh Diskominfo Kota Depok.

“Dengan adanya basis data terpadu, memudahkan pemerintah dalam membangun kota. Misalnya, sistem ini dibangun di Dinas Pendidikan (Disdik), dapat meminimalisir adanya oknum masyarakat yang mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke kelurahan," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD 02)