Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Warga Pontir Tanam Sayur dengan Metode Hidroponik

JD10 - berita depok
Rabu, 3 Maret 2021, 11:23 WIB

Suroso saat menunjukan tanaman pakcoy yang ditanam dengan metode hidroponik di rumahnya di Villa Pamulang, Kelurahan Pondok Petir. (Istimewa).

berita.depok.go.id - Sejumlah warga perumahan Vila Pamulang yang terletak di Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari berinisiatif melakukan penanaman sayuran pakcoy dengan metode hidroponik. Kegiatan ini bertujuan untuk pemenuhan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

"Di samping memenuhi ketahanan pangan, kegiatan ini juga sebagai bahan belajar bagi warga yang belum tahu metode hidroponik," kata Inisiator Kegiatan, Suroso, kepada berita.depok.go.id, kemarin (02/03/21).

Dirinya menjelaskan, terdapat berbagai manfaat menanam sayauran dengan metode hidroponik. Antara lain, lebih ekonomis, serta tanaman yang dihasilkan juga menyehatkan dan lebih segar karena tidak menggunakan pestisida.

Lanjutnya, selain pakcoy, warga juga membuat kolam ikan. Kolam tersebut diisi dengan ikan mas.

“Mungkin dua hingga tiga bulan sudah bisa dipanen," jelasnya.

Dia menambahkan, program ini berhasil menunjang perekonomian dan kebutuhan pangan warga. Termasuk, mengubah lahan kosong menjadi produktif. 

"Teknik hidroponik ini cocok diterapkan di daerah perkotaan karena hampir tidak ada lahan yang tersedia akibat pembangunan yang befokus pada betonisasi," tandasnya. (JD 10/ED 01/EUD02)