Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Wali Kota Depok Sebut Kualitas Udara di Depok Sangat Aman

JD09 - berita depok
Kamis, 17 Agustus 2023, 7:16 WIB
Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyebut kualitas udara di wilayah administrasinya masih tergolong aman dari polusi. Pasalnya, ujar dia, jumlah pabrik yang berada di Kota Depok cenderung lebih sedikit daripada di wilayah tetangga.

"Menurut alat pengukur kualitas udara, kita masih jauh di bawah kota-kota metropolitan yang ada sekitar Depok, karena memang pabrik-pabrik relatif lebih sedikit (di Depok) ketimbang daerah lainnya," kata Kiai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok, Rabu (16/08/23).

Dirinya mengatakan, kualitas udara di Depok tergolong aman berdasar data yang diperoleh dari alat pengukur kualitas udara yang ada di sejumlah titik, seperti di Jalan Raya Sawangan, khususnya Jalan Margonda Raya.

"Dari sisi alat yang kita pasang di Balai Kota Depok dan Margonda relatif lebih rendah untuk polusi udara," ungkap Kiai Idris.

Lanjut Kiai Idris, bukti kualitas udara di Kota Depok sangat aman adalah dengan meningkatnya penduduk yang datang.

"Kota Depok masih aman dan sangat aman, ini juga dibuktikan dengan penambahan penduduk Depok yang tahun ini relatif lebih banyak dari Jakarta ya penambahan penduduknya, migrasi penduduknya," tuturnya.

Dikatakan Kiai Idris, Pemerintah Kota (Pemkot) masih terus berupaya mengurangi polusi udara di Depok, salah satu langkahnya, yakni membangun taman hutan kota di Sawangan, Depok.

"Taman hutan kota yang sedang kami bangun tahun ini, itu juga bagian daripada memperluas dan memperbanyak ruang terbuka hijau," kata Kiai Idris.

"Kita juga sudah membangun taman-taman di tiap kelurahan, itu dimanfaatkan, dan juga pelestarian situ-situ yang sudah menjadi bagian yang kita komunikasikan ke pusat agar dibantu dan disubsidi untuk pelestarian situ-situ di Kota Depok," tutup Kiai Idris. (JD09/ED02)