Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Wakil Wali Kota Serahkan Buku Rekening Penerima Bansos KDS RTLH

EVD 01 - berita depok
Rabu, 4 Oktober 2023, 17:33 WIB
Videos

berita.depok.go.id - Tahun ini, sebanyak 360 warga di Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) menerima bantuan sosial (bansos) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari program Kartu Depok Sejahtera (KDS).

Sebagai langkah awal, hari ini telah dilakukan penyerahan secara simbolis KDS dan buku rekening BJB kepada ratusan penerima manfaat yang diberikan oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Dalam kesempatan tersebut, Bang Imam, sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok, menyampaikan, ratusan penerima manfaat tersebut sudah melalui proses verifikasi dan validasi lapangan oleh tim dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Depok. Setelah proses pencairan anggaran, rumah-rumah tersebut dapat langsung diperbaiki.

“Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya memenuhi rumah yang layak huni bagi masyarakat. Salah satu melalui program rehabilitasi RTLH, yang setiap tahun pasti kami laksanakan," ujarnya usai pembagian buku rekening di Kacamatan Panmas, Selasa (03/10/23).

Masing-masing penerima manfaat, lanjut Bang Imam, akan mendapatkan bantuan senilai Rp23 juta. Anggaran ini akan digunakan untuk pembelian material Rp20 juta dan Rp3 juta untuk upah pekerja berikut pembuatan laporan pertanggungjawaban.

“Diharapkan masyarakat mendapatkan rumah yang layak untuk dihuni. Kami juga mengimbau warga yang rumahnya sudah rusak, segera daftar ke kelurahan lalu ke dinas untuk nantinya mendapat bantuan," ungkapnya.

Bang Imam mengingatkan kepada seluruh penerima bantuan untuk memperhatikan pembangunan septictank. Karena untuk tahun 2023 ini, ada aturan yang mewajibkan warga menyediakan anggaran untuk pembangunan septictank.

"Harus diperhatikan untuk pembuangan limbah, jangan sampai bangunan sudah bagus, tetapi tidak ada saluran pembuangan limbah. Di Kota Depok harus sudah 100 persen Open Defecation Free (ODF)," ungkapnya. (VD02/EVD02-Magang)