Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video - Forum Renja Diskominfo Fokus pada Pencapaian Visi-Misi Kota Depok

EVD 01 - berita depok
Kamis, 18 Februari 2021, 15:46 WIB
Videos

berita.depok.go.id- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok telah menyelenggarakan Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2022. Adapun yang menjadi fokus adalah pencapaian visi dan misi Kota Depok.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menjelaskan, mengacu pada visi dan misi Kota Depok yang telah disusun oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih yaitu meningkatkan pembangunan infrastruktur berbasis teknologi, meningkatkan tata kelola pemerintahan, dan pelayanan publik yang modern dan partisipatif. Implementasinya tentu dengan menargetkan sasaran yang akan dicapai.

"Pada misi pertama sasaran yang akan dicapai adalah infrastruktur digital yang berkualitas, mudah diakses dan terintegrasi. Untuk mencapai itu, kita mengunakan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai Forum Renja Perangkat Daerah Tahun 2022, kemarin (18/02/21).

Dirinya mengatakan, terdapat tiga indikator yang ditetapkan untuk mencapai misi pertama. Yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas kebijakan internal SPBE, peningkatan kualitas tata kelola SPBE,  serta peningkatan kualitas pelayanan SPBE.

"Kita mengadopsi indeks SPBE yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB) dalam membuat indikator-indikator sasarannya," katanya.

Dirinya melanjutkan, misi pertama ada kaitannya dengan  misi kedua yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang modern dan partisipatif. Dalam hal ini, pihaknya menggunakan dua indikator sasaran.

"Indikator pertama indeks kepuasan masyarakat. Setiap tahun kita melakukan survei untuk melihat seberapa besar respon masyarakat terhadap layanan yang dikeluarkan oleh Pemkot Depok," lenjutnya.

Indikator sasaran berikutnya adalah terwujudnya layanan satu data Kota Depok yang valid dan lengkap. Pada sasaran ini terdapat tiga hal yang menjadi prioritas yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas data, peningkatan informasi data yang terstruktur dan mudah diakses, serta peningkatan integrasi data.

"Tentunya di sini kita terus melakukan upaya, inovasi, dan perbaikan sehingga masyarakat  merasa  puas ketika memanfaatkan layanan publik yang ada," pungkasnya. (VD 02 10/EVD 01/EUD02)