Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Disdik Adakan Sosialisasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Jenjang SMP 2023

EVD 01 - berita depok
Senin, 9 Oktober 2023, 17:07 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengadakan sosialisasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) jenjang SMP tahun 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kepala sekolah baik negeri maupun swasta se- Kota Depok.

"PKKS rutin kita adakan setiap tahun, sehingga kita bisa mengukur sejauh mana kinerja kepala sekolah untuk masing-masing satuan pendidikan, baik negeri maupun swasta," tutur Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, Sutarno saat membuka kegiatan tersebut di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Jumat (06/09/23).

"Harapan kami dengan adanya sosialisasi, PKKS yang akan dilakukan pada bulan Desember nanti bisa dipersiapkan secara betul oleh seluruh kepala pada setiap satuan pendidikan," sambungnya.

Dikatakannya, indikator penilaian yang akan dinilai berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 40 Tahun 2023 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Di dalamnya tertuang aturan-aturan terkait penilaian kinerja kepala sekolah.

"Mudah-mudahan dari penilaian ini, kinerja kepala sekolah meningkat, bisa tercapai program merdeka belajar, yaitu menuju terbentuknya profil pelajar Pancasila," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kelompok Pengawas Sekolah Jenjang SMP, Titik Sugihartilawati menambahkan, terdapat beberapa kriteria dalam PKKS. Antara lain model kompetisi kepala sekolah dalam pengembangan diri dan orang, pengembangan dalam kepemimpinan pembelajaran, model kompetisi dalam manajemen sekolah serta kemampuan mengembangkan orang lain.

"Output dari penilaian ini untuk pengembangan karir khususnya di sekolah-sekolah negeri dan sebagai syarat izin memimpin bagi yang di sekolah swasta," tutupnya. (MagangRafli/EVD01-Magangarief/EUD03)