Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Bang Imam Tutup MTQ XXIII Tingkat Kota Depok, Sawangan Sabet Juara Umum

EVD 01 - berita depok
Selasa, 31 Oktober 2023, 6:02 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menutup gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIII Tingkat Kota Depok Tahun 2023 di Alun-alun Kota Depok, Kecamatan Cilodong, Kamis (26/10/23).

Pada gelaran MTQ kali ini, Kafilah Kecamatan Sawangan keluar sebagai juara umum.

Bang Imam sapaan Wakil Wali Kota Depok sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ XXIII Tingkat Kota Depok Tahun 2023 yang telah berlangsung selama tiga hari.

Termasuk juga, para peserta dan official dari seluruh kecamatan atas partisipasinya di cabang-cabang yang dilombakan.

"Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi para peserta. Khususnya, dalam upaya mengasah dan mengembangkan potensi yang dimiliki pada kegiatan-kegiatan berikutnya," kata Bang Imam, usai pengumuman para juara di penutupan MTQ XXIII Tingkat Kota Depok 2023 tersebut.

MTQ XXIII dapat dijadikan momentum bagi semua untuk terus menginventarisasi putra-putri asli Kota Depok yang memiliki potensi di tiap kecamatan.

Selanjutnya, juga harus dilakukan pembinaan secara berkelanjutan dan terarah.

Kemenangan dalam MTQ kali ini merupakan buah manis dari latihan yang konsisten dan mengkaji keilmuan kalamullah. Namun, kebanggaan sebagai seorang pemenang bukan tujuan satu-satunya dalam perhelatan ini.

"Syiar keilmuan Islam serta jaringan silaturahim seluruh insan MTQ juga menjadi tujuan utama digelarnya kegiatan MTQ ini," ujarnya.

Menurut Bang Imam, jika menilik tema MTQ kali ini, yaitu Cintai Alquran, Kokohkan Persatuan, sangat relevan jika seluruh insan MTQ yang turut berpartisipasi mampu menjalin silaturahim antar kafilah kecamatan.

Tentunya, untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah khususnya bagi pencinta Alquran yang berada di Kota Depok.

Tak lupa, Bang Imam juga mengucapkan selamat kepada Kafilah Kecamatan Sawangan yang berhasil meraih Juara Umum dan mempertahankan gelar yang diraih pada MTQ sebelumnya.

"Kecamatan Sawangan luar biasa. Mungkin camatnya fokus dan akhirnya dapat juara umum lagi," ucapnya.

Ia berpesan kepada kecamatan lain untuk meningkatkan upayanya dalam menjaring dan membina bibit-bibit unggul yang mencintai Alquran.

Terakhir, Bang Imam memastikan, semua peserta yang berhasil meraih prestasi sabagai juara pertaka pada MTQ XXIII akan mewakili Kota Depok pada ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Semua yang juara pertama pasti akan mewakili Kota Depok sesuai dengan kejuaraan yang digelar di Jawa Barat. Semua Juara-juara 1 pasti akan mewakili ke sana," tutup Bang Imam.

Untuk diketahui, berikut peringkat Kafilah Kecamatan pada MTQ XXIII Tingkat Kota Depok Tahun 2023.

1. Kecamatan Sawangan

2. Kecamatan Cimanggis

3. Kecamatan Tapos

4. Kecamatan Cinere

5. Kecamatan Bojongsari

6. Kecamatan Cipayung

7. Kecamatan Limo

8. Kecamatan Beji

9. Kecamatan Sukmajaya

10. Kecamatan Pancoran Mas

11. Kecamatan Cilodong

(VD02/EVD01-MagangAli)