Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Usai Jalani Pelatihan, Ratusan Kader Posyandu di Depok Diwisuda

JD 02 - berita depok
Selasa, 26 Maret 2024, 11:42 WIB
Para kader Posyandu yang diwisuda usai menjalani Pelatihan Keterampilan Kader Posyandu. (Foto: Dokumentasi Dinkes)

berita.depok.go.id - Sebanyak 245 kader Posyandu se Kota Depok telah menjalani Pelatihan 25 Keterampilan Dasar Kader Posyandu Tahun 2024. 

Dari seluruh kader yang mengikuti pelatihan, sebanyak 238 dinyatakan lulus uji kompetensi dan telah diwisuda pada Kegiatan Wisuda Kader Posyandu Dalam Rangka Pilot Project Pelatihan 25 Kader Posyandu Tahun 2024 di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Senin (25/03/24).

Pelatihan tersebut dilakukan selama bulan Februari yang dilaksanakan pada 14 wilayah Puskesmas dengan masing-masing tiga Posyandu.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, pelaksanaan pelatihan tersebut sebagai tindak lanjut dari arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Bersama dua daerah lainnya di Indonesia yaitu Kota Denpasar, Provinsi Bali dan Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

“Kota Depok jadi pilot project pelatihan keterampilan kader Posyandu. Sudah dilaksanakan dan dilakukan wisuda kepada para kader tersebut,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (26/03/24).

Mary merinci, jumlah kader yang berhasil mendapatkan predikat sebagai kader purwa sebanyak 188 orang, kader madya sebanyak 39 orang dan kader utama sebanyak 11 orang.

Lebih lanjut, Mary menjelaskan, selama pelatihan para kader dibekali berbagai keterampilan. 

Seperti, pengelolaan Posyandu, keterampilan bayi dan balita, keterampilan ibu hamil dan menyusui, keterampilan usia sekolah dan remaja serta keterampilan usia dewasa dan lansia.

“Harapannya, setiap kader tidak berhenti mempelajari keterampilan dengan berakhirnya pelatihan," ujarnya

"Tetapi, mereka dapat terus meningkatkan keterampilannya untuk dapat maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya. (JD 02/ ED 01)