Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

UPTD Puskesmas Mampang Buka Layanan Imunisasi Polio Hingga Malam

JD 08 - berita depok
Rabu, 24 Mei 2023, 18:10 WIB
Pelaksanaan Sub PIN Polio di BPM RW 003 Kelurahan Mampang, Selasa (23/05/23).

berita.depok.go.id - Guna mengejar target Cakupan Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran dua, Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang membuka layanan imunisasi hingga malam. 

Selain itu, kegiatan dilakukan juga untuk memberi akses bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu, jika Sub-PIN Polio dilaksanakan pada jam kerja.

"Puskesmas Mampang membuka layanan Sub PIN Polio di sore dan malam hari, bekerja sama dengan jejaring yaitu Bidan Praktik Mandiri (BPM) yang ada di wilayah kerja Puskesmas Mampang. Tujuannya, kami ingin memberikan akses untuk warga yang hanya bisa melakukan PIN Polio di sore atau malam hari," ujar Kepala UPTD Puskesmas Mampang Winarni Naweng Triwulandari, Rabu (24/05/23).

Dikatakannya, layanan Sub-PIN Polio pada waktu sore hingga malam hari dilaksanakan dengan melihat situasi. Salah satunya, jika vial vaksin masih tersedia atau belum mencapai kuota yang ditargetkan.

"Jadi sifatnya masih tentatif. Vial vaksin jumlahnya terbatas, jika masih ada kuota, kami akan buka layanan sampai malam," ujar Naweng, sapaannya.

"Tadi malam, kami buka layanan di BPM RW 003 dan RW 006. Dibuka mulai pukul 15.00 hingga 21.00 WIB. Kami berterima kasih kepada BPM wilayah Mampang yang senantiasa membantu kerja-kerja petugas Puskesmas Mampang," ungkapnya.

Naweng berharap, dengan memaksimalkan penggunaan vaksin yang tersedia dan membuka layanan hingga malam hari, bisa bermanfaat untuk masyarakat dan membantu dalam pemenuhan hak anak dengan vaksin polio. 

"Mudah-mudahan juga, target cakupan vaksin polio di wilayah Mampang bisa sesuai yang diharapkan. Bahkan mencapai 95 persen sesuai yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD 04)