Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tingkatkan Pengetahuan, Nakes Puskesmas di Kota Depok Dilatih Konseling Menyusui

JD 02 - berita depok
Jumat, 28 Juni 2024, 7:25 WIB
Tenaga kesehatan yang mengikuti kegiatan pelatihan konseling menyusui yang diadakan Dinkes Kota Depok. (Foto: Dokumentasi Dinkes Depok).

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan Kegiatan Pelatihan Konseling Menyusui Bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Depok Tahun 2024. 

Tahun ini, konseling tersebut akan dilaksanakan dua angkatan. 

Adapun untuk angkatan 1 dilakukan secara hybrid selama 5 hari pada 27 Juni sampai 4 Juli, sedangkan angkatan 2 pada 15 hingga 19 Juli 2024 mendatang. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, setiap angkatannya terdapat 25 nakes yang akan mengikuti pelatihan.

Yaitu, tenaga gizi, perawat atau bidan dan dokter di Puskesmas. 

"Mereka akan diberikan teori, penugasan dan praktik lapangan selama mengikuti pelatihan konseling menyusui ini," tuturnya, kepada berita.depok.go.id, Jumat (28/06/24). 

Zakiah mengungkapkan, pelatihan ini diberikan agar para tenaga kesehatan dapat memahami konsep menyusui, memahami dan terampil dalam melakukan evaluasi kegiatan menyusui, serta dapat memberikan dukungan pada keberhasilan menyusui. 

Selain itu, dirinya menambahkan, Nakes juga dapat melakukan konseling menyusui bagi ibu dan keluarga sebagai pendukung keberhasilan menyusui. 

"Harapannya, dukungan dari tenaga kesehatan untuk ibu semakin tinggi. Karena saat ini banyak ibu yang masih minim pengetahuan, sehingga perlu dukungan dari tenaga kesehatan," tambahnya. 

"Pemberian edukasi kepada ibu harus dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan sebagai konselor ASI untuk meningkatkan pengetahuan ibu akan pentingnya pemberian ASI eksklusif," tutupnya. (JD 02/ ED 01).