Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tingkatkan Hasil Perikanan, DKP3 Rutin Adakan Pelatihan

JD 03 - berita depok
Senin, 29 Mei 2023, 16:26 WIB
News
DKP3 Kota Depok memberikan pelatihan pengolahan ikan kepada 20 kelompok pelaku utama atau pelaku usaha hasil perikanan yang ada di Kota Depok pada 16-17 Mei 2023 di Wisma Hijau. (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok terus mendorong agar hasil perikanan di Kota Depok dapat terus meningkat, baik mutu dan nilai jual produknya. Berbagai pembinaan, pelatihan serta sosialisasi rutin dilaksanakan.

Sekretaris DKP3 Kota Depok, Tinte Rosmiati mengatakan, pada 16-17 Mei lalu, pihaknya memberikan pelatihan pengolahan ikan kepada 20 kelompok pelaku usaha hasil perikanan yang ada di Kota Depok. Terdapat lima jenis pelatihan yang diberikan.

“Pelatihannya antara lain Good Manufacturing Practice (GMP), Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP), Analisis Usaha Hasil Perikanan, Strategi Pemasaran Hasil Perikanan dan Kemampuan dalam berinovasi mengolah makanan dari bahan dasar ikan,” katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (29/05/23)

Dikatakannya, selama pelatihan, peserta diberikan berbagai pemahaman. Misalnya pada hari pertama terkait pelatihan GMP yakni pedoman dan tata cara pengolahan ikan yang baik untuk memenuhi persyaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan. 

Ditambah dengan SSOP yakni pedoman dan tata cara penerapan sanitasi yang baik, untuk memenuhi persyaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan dan menjamin bahwa prosedur dan proses sanitasi dapat secara efisien mengendalikan bahaya keamanan pangan yang umum dijumpai di lingkungan pengolahan.

“Lalu, analisis usaha hasil perikanan dengan pemeriksaan keuangan untuk mengetahui sampai di mana keberhasilan yang telah dicapai selama usaha perikanan itu berlangsung, strategi pemasaran hasil perikanan untuk mengoptimalkan proses pemasaran, serta diakhiri dengan pelatihan kemampuan dalam berinovasi mengolah makanan dari bahan dasar ikan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, beberapa jenis pelatihan itu dimaksudkan agar pelaku usaha memiliki keahlian pengolahan hasil perikanan serta mampu menerapkan GMP, SSOP, mampu menganalisis, membuat perhitungan dan menentukan tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan keuntungan usaha.

"Selain itu juga memiliki strategi pemasaran yang dapat mengoptimalkan proses pemasaran," katanya.

Dirinya menambahkan, setiap pelatihan pihaknya selalu menghadirkan narasumber yang sudah ahli di bidangnya. Seperti Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan Dan Perikanan (BBP3KP KKP), Analis Pasar Hasil Perikanan BBP3KP KKP, Penyuluh Perikanan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP), dan lain sebagainya.

“Mereka adalah narasumber yang disiapkan pada 5 jenis pelatihan yang dihadirkan untuk membantu peserta dalam mengembangkan usaha perikanannya,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD 04)