berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok terus melakukan pengembangan dan evaluasi layanan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).
Berbagai upaya dilakukan, salah satunya melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) yang telah berlangsung, di Ruang Rapat Diskominfo, Jumat (01/11/24).
Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Denhas Ary Wibowo mengatakan, FGD ini bertujuan untuk memastikan penyelesaian masalah secara lebih cepat, terukur dan kolaboratif melalui integritas sistem layanan.
"Kami mengelola aplikasi juga infrastruktur meliputi data center, internet. Kemudian, arsitektur data dan lain sebagainya. Kami ingin ada meningkatkan efektivitas pengelolaan TIK, caranya dengan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang selama ini kita punya," ujarnya, kepada berita.depok.go.id, usai FGD.
Selama ini, lanjut dia, terdapat tiga tools yang digunakan Perangkat Daerah (PD) dalam pengelolaan aplikasi. Diantaranya Sistem Informasi Pengelolaan Layanan TIK (Simpatik) Helpdesk dan Sistem Monitoring Aplikasi Terpadu (Simata).
"Nantinya ketiga layanan ini akan dijadikan satu tools. Jadi PD, jika ingin mendapat service layanan maupun gangguan, bisa dari satu tools yang sedang kami rancang, agar lebih efisien," jelasnya.
Denhas menuturkan, ini juga merupakan aksi perubahannya yang sedang dibuat dengan judul 'Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Integrasi Aplikasi Layanan TIK pada Diskominfo Depok'.
"Harapannya, layanan kita semakin baik. Semakin responsif dan semakin cepat. Kami memang tidak berhubungan langsung dengan masyarakat. Namun kami memberi layanan ke PD yang menggunakan aplikasi, jika tidak terlayani dengan baik, maka bisa berpengaruh ke masyarakat," katanya.
"InsyaAllah pengembangan ini selesai di bulan Desember dan bisa segera kami sosialisasikan ke PD" tutupnya. (JD 08/ED 02)