Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tekan Hipertensi, Puskesmas Jatijajar Ajak Lintas Sektor Kolaborasi

JD09 - berita depok
Sabtu, 16 September 2023, 1:49 WIB
Lokmin Linsek Puskesmas Jatijajar di aula Kantor Kelurahan Jatijajar, Kamis (14/09/23). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Jatijajar mengajak lintas sektor (linsek) berkolaborasi menekan masalah kesehatan yang berada di wilayah kerjanya.

Salah satunya mengenai persoalan hipertensi dan penyakit tidak menular (PTM) lainnya.

Kepala UPTD Puskesmas Jatijajar, Rizki Andriani mengatakan, untuk mengetahui dukungan apa saja yang akan diberikan oleh linsek di Jatijajar, Puskesmas mengadakan kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) pada Tribulanan ke-3 di aula Kantor Kelurahan Jatijajar. Dengan tema ‘Melalui Kolaborasi Lintas Sektor Kita Kendalikan Hipertensi dan Aktifkan Posyandu PTM’.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, pimpinan wilayah baik camat dan lurah, lintas sektoral di kelurahan, serta lembaga atau organisasi kemasyarakatan.” ujarnya kepada berita.depok.go.id, Sabtu (16/09/23).

Menurutnya, lokmin lintas sektor ini difokuskan untuk penyakin Hipertensi. Karena, penyakit itu masuk menjadi kategori 10 terbanyak di wilayah Jatijajar. Hal ini berdasarkan identifikasi lapangan Puskesmas Jatijajar.

“Maka dari itu, hari ini kami naikkan penyakit hipertensi ini di dalam kegiatan lokmin lintas sektor,” ucap dia.

Rizki mengatakan, dalam menangani penyakit ini, pihaknya akan kembali mengaktifkan posyandu PTM. Yang merupakan sebagai wadah untuk memberikan edukasi penyuluhan dan sosialiasi kepada masyarakat.

“Lalu di sana juga ada skrining kesehatan kepada masyarakat dari faktor risiko hipertensi,” katanya.

Posyandu PTM ini nantinya akan ada pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan gula darah. Lalu, juga akan ditanyakan faktor resikonya dari penyakit tersebut.

“Seperti, merokok atau tidak, minum alkohol atau tidak, makan sayur atau tidak, jadi yang menyebabkan itu semua akan kami tanyakan,” terangnya.

Sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat pada tingkat kelurahan, Puskesmas Jatijajar pastinya tidak bisa bekerja secara sendiri. Perlunya kolaborasi dengan lintas sektor demi menciptakan lingkungan yang sehat.

“Misalnya dari tingkat RW, dia akan mengadakan senam, kader PKK nanti dia akan membantu dalam hal sweeping  untuk masyarakat yang tidak datang ke posbindu,” katanya.

Sementara itu, Lurah Jatijajar, Mujahidin berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas kesehatan kepada masyarakat kelurahan Jatijajar, khusunya mengurangi angka hipertensi.

“Hal ini untuk memberikan edukasi kepada stakeholder untuk menekan angka penyakit tidak menular di Jatijajar,” tutup dia. (JD09/ED 02)