Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tahun Ini Pemkot Depok Bakal Laksanakan Program Kampung Caraka

JD 05 - berita depok
Senin, 16 Januari 2023, 10:20 WIB
Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Endra. (Foto: JD 01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bakal melaksanakan program baru di tingkat Rukun Warga (RW) yaitu Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka). Masing-masing Kelurahan wajib memiliki satu RW yang menjadi lokasi khusus (lokus) pelaksanaan program perdana tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Endra menjelaskan, Kampung Caraka adalah kampung yang berada di level RW dengan program lintas sektor terintegrasi. Tujuannya untuk mewujudkan Ketahanan Keluarga (Family Resilience) dan Kampung Cerdas (smart kampung).

"Selama ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang titik beratnya di level kelurahan, kami ingin mengintegrasikannya paling efektif adalah di sebuah lokus, agar jelas terlihat progres peningkatan sumber daya manusianya," kelas Endra kepada berita.depok.go.id, Senin (16/01/23).

Menurut Endra, terdapat delapan kegiatan terintegrasi yang akan berjalan di Kampung Caraka. Di antaranya, Posyandu Multifungsi Digital, Pos Paud, Pusat Konseling dan Informasi Remaja (PIK-R), RW Ramah Anak.

Kemudian, lanjut Endra, ada Kampung KB, Pekarangan Pangan Lestari atau Rumah Pangan Lestari, Posbindu, dan Kampung Iklim (Proklim).

"Motor penggerak Kampung Caraka adalah Posyandu, karena Pemerintah Kota Depok tengah berupaya penuh untuk menekan angka stunting," papar Endra.

Endra menuturkan, prinsip terbentuknya Kampung Caraka adalah integrasi, solutif, kolaborasi, pemberdayaan, dan inovasi. Dengan begitu, visi Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera dapat tercapai.

"Diharapkan dengan adanya program ini penekanan stunting jadi maksimal, anak-anak sehat, ketahanan keluarga tercapai, dan lansia semakin berdaya di Kota Depok," tandasnya. (JD05/ED02/EUD02)