Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tahan Kantuk, Ini Tips Jaga Pola Tidur Saat Puasa

JD 02 - berita depok
Selasa, 2 April 2024, 12:51 WIB
Ilustrasi orang tidur. (Foto diambil dari website https://yankes.kemkes.go.id/)

berita.depok.go.id - Selama bulan puasa, tantangan yang datang tidak hanya menahan lapar, tetapi juga mengatasi rasa kantuk yang kerap muncul. Hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, penting untuk dapat mengatur pola tidur saat puasa agar tetap aktif dan bertenaga. Bagaimana sih tips dan triknya?

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Zakiah mengatakan, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam mengatur pola tidur saat bulan puasa. 

Pertama, jelas Zakiah, dapat tidur lebih cepat. Mengingat, selama Bulan Ramadan kita bangun lebih awal dari biasanya sehingga dapat memajukan waktu tidur. 

"Sebagai contoh, jika kita terbiasa tidur pukul 10 malam, maka coba untuk mulai tidur satu jam lebih awal," jelasnya. 

Kedua, tambah Zakiah, mencoba power nap atau tidur selama 20 menit disela kegiatan untuk mengembalikan stamina. Sebaiknya tidak lebih dari 20 menit karena beresiko lebih nyenyak yang justru menimbulkan rasa lelah. 

Zakiah menambahkan, tips selanjutnya dengan memperhatikan lingkungan tidur. Tentunya untuk memastikan kualitas tidur pastikan kamar dalam kondisi tenang dan minim pencahayaan. 

"Bila perlu, bisa menggunakan masker mata untuk memudahkan tubuh tidur dan istirahat," tambahnya. 

Tips terakhir, ungkap Zakiah, dengan memperhatikan pola makan. Sebaiknya menghindari makanan yang kaya kalori, gula, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak terlalu banyak. 

"Karena jika mengonsumsi makanan tersebut, sistem pencernaan perlu usaha ekstra untuk mengolah asupan tersebut dan beresiko mengganggu waktu tidur," tandasnya. (JD 02/ ED 01).