Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sukseskan Depok 100 Persen ODF di 2023, Jatijajar Akan Gandeng Pihak Ketiga

JD09 - berita depok
Jumat, 30 September 2022, 23:00 WIB

berita.depok.go.id - Lurah Jatijajar, Mujahidin akan mengandeng pihak ketiga untuk menyukseskan target Depok 100 persen Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (BABS) di tahun 2023. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pemilik usaha dan perusahaan-perusahaan yang ada di wilayahnya agar dapat membantu pembuatan septic tank.

Mujahidin mengatakan, berdasarkan verifikasi lapangan terakhir, dari 115 rumah yang belum ODF, 90 rumah mendapatkan bantuan pembuatan septic tank dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sedangkan, sisanya dianggap mampu untuk membuat septic tank.

"Sisanya ini yang perlu kita intervensi dan kita pastikan membuat septic tank agar Depok bisa 100 persen ODF di 2023," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk Jatijajar semua sudah mempunyai jamban atau toilet, hanya pembuangannya masih ada yang ke kali. Diharapkan, dengan bantuan perusahaan sekitar dapat membuatkan septic tank yang tidak mendapatkan bantuan.

Dikatakan Mujahidin, rumah yang belum ODF paling banyak di RW 02 dan 05. Sebab, daerah tersebut dilintasi kali.

"Untuk yang 90 akan selesai akhir tahun ini dan yang lainnya kami optimis sebelum November 2023 juga sudah selelai. Tentunya dengan peran serta seluruh stakholder yang ada di Jatijajar," pungkasnya. (JD09/ED02/EUD02)