Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sub PIN Polio Putaran Kedua Resmi Dicanangkan, Kadinkes Depok Optimistis Capai Target

JD 08 - berita depok
Senin, 22 Mei 2023, 15:39 WIB
Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati menyaksikan dan memantau jalannya Sub PIN Polio putaran kedua di Lapangan Koni, Kelurahan/Kecamatan Panmas, Senin (22/05/23). Foto muadz

berita.depok.go.id - Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran kedua tingkat Kota Depok resmi dicanangkan di Kota Depok. Pencanangan dilakukan di Lapangan KONI, Kelurahan/Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Senin (22/05/23).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Depok, Mary Liziawati optimistis bisa mencapai target dalam pelaksanaan tersebut.

"Target Provinsi Jawa Barat (Jabar) yaitu 95 persen. Kami terus berupaya agar target tersebut bisa dipenuhi. Mengingat, pada putaran pertama, hasilnya belum maksimal," ujarnya, usai Pelaksanaan Sub PIN Polio putaran kedua Tingkat Kota Depok, di Lapangan KONI, Kelurahan/Kecamatan Panmas," Senin (22/05/23).

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya, koordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari perguruan tinggi yang memiliki jurusan kesehatan, organisasi profesi di bidang kesehatan, seperti Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) perwakilan Kota Depok, hingga tenaga kesehatan (nakes).

"Dukungan akademisi, organisasi profesi kesehatan dan nakes sebagai tenaga vaksinator, serta menginput laporan sangat berperan dalam kesuksesan Sub PIN Polio di Kota Depok," terangnya.

Sub PIN Polio putaran dua dilaksanakan pada 22 Mei hingga 2 Juni 2023. Fasilitas kesehatan (Faskes) juga turut berkolaborasi dengan puskesmas dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Lalu, pihak akademisi menurunkan mahasiswa mereka. Ini dukungan yang sangat baik, mengingat hari ini juga kami didukung dengan kehadiran dari Kementerian Kesehatan, Perwakilan Dinkes Jabar dan dari WHO," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja 4 Kementerian kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Lily Banonah Rivai mengatakan, sebelumnya terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret 2023 di Purwakarta. Satu anak dengan usia empat tahun menderita polio karena virus, tipe 2. 

"Untuk itu, kami rekomendasikan Jabar laksanakan Sub PIN polio dua putaran. Kami berikan novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) untuk putus mata rantai," ujarnya.

"Mudah-mudahan putaran dua ini hasil maksimal sesuai target. Kami ingin pastikan anak-anak dapat perlindungan polio. Peran dan partisipasi seluruh stakeholder sangat dibutuhkan," tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD 04)