Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sidak Hewan Kurban, Wakil Wali Kota Depok Jamin Semua Aman

JD09 - berita depok
Sabtu, 15 Juni 2024, 19:42 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau IBH melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lapak pegadang hewan kurban Lembu Mulyo di Kecamatan Tapos, Sabtu (15/06/24). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau IBH melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lapak pegadang hewan kurban di Kota Depok. Salah satunya, di lapak hewan kurban yang berada di Kecamatan Tapos.

Menurut Bang Imam, sapaan Wakil Wali Kota Depok, sidak ini sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kota (Pemkot) Depok setiap tahunnya.

Lewat Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, hewan kurban yang masyarakat konsumsi atau beli akan diperiksa.

"Semua diperiksa agar terjamin kehalalannya dan dari segi syar'i layak menjadi hewan kurban. Dari segi fisik, mulai dari mata, hidung, mulut, kaki, semua kesehatan fisiknya kita lihat layak atau tidak hingga usianya juga," tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai sidak, Sabtu (15/06/24).

Selain itu, dirinya juga memastikan semua hewan kurban yang dijual di Kota Depok sehat dan tidak ada yang terjangkit penyakit. Baik itu, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) dan antraks.

"Alhamdulillah, itu semua tidak ada. Jadi konsumen Kota Depok semuanya aman," ucap Bang Imam.

Dia menambahkan, perputaran uang pada Hari Raya Kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, terdapat Rp250 miliar transaksi yang dilakukan oleh warga Depok untuk kurban.

"Tahun ini diprediksi naik menjadi Rp286 miliar. Jumlah pedagang juga makin banyak ada 468 lapak tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok," kata Bang Imam.

"Dan ternyata yang beli ke Depok bukan hanya dari Depok saja, tetapi juga ada dari Tegal, Jogja, dari RSCM juga beli ke Depok," ungkapnya.

"Alhamdulillah mereka percaya kepada penjual hewan kurban di Kota Depok," ungkap Bang Imam.

Sementara itu, Kepala DKP3 Depok, Widyati Riyandani menambahkan, sebelum memasuki persiapan Hari Raya Kurban pihaknya telah melakukan upaya preventif sebagai upaya pencegahan penyakit hewan ternak. Namun, saat ini kami lakukan lebih intensif.

"Kami sudah menugaskan tim di 11 kecamatan, baik medik ataupun paramedik," ujarnya.

"Kami juga sudah bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kota Depok, petugas dari Kementerian Pertanian (Kementan), termasuk juga mahasiswa IPB dalam persiapan Hari Raya Kurban tahun ini," tutupnya. (JD09/ED02)