Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Siap Bertanding, Pemkot Depok Lepas Kafilah untuk Berlaga di Ajang MTQ Jabar

JD10 - berita depok
Sabtu, 27 April 2024, 12:42 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, bersama Kepala Kemenag Kota Depok, Enjat Mujiat, Aspemkesra Kota Depok, R Gandara Budiana, Kabag Kesra Dzikrulloh Kamali saat berfoto bersama dengan para peserta MTQ di Masjid Balai Kota Depok, Sabtu (27/04/24) (Foto: JD04/Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok resmi melepas keberangkatan kontingen yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 di Kabupaten Bekasi. Pada perhelatan tersebut, Kota Depok mengirimkan sebanyak 53 peserta putra dan putri. 

"Ada 53 kafilah yang kami kirim, terdiri dari 27 putra dan 26 putri," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Gandara Budiana kepada berita.depok.go.id, Sabtu (27/04/24).

Dirinya mengatakan, pada MTQ ke-38 tahun ini Kota Depok mengirim perwakilannya hampir di seluruh cabang lomba yang ada. Yakni Fahmi Al-Qur'an Putra/Putri, Hafalan Al-Qur'an (1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz), Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an (KTIQ), Qiraat Al-Qur'an Mujawwad Dewasa - Qiraat Al-Qur'an Murattal Remaja serta Murattal Dewasa. 

"Kita juga ikut di cabang lomba seni baca Al-Qur'an Dewasa, Tartil Al-Qur'an, Tilawah anak-anak, remaja dan tuna netra, kemudian seni kaligrafi Al-Qur'an dekorasi, hiasan mushaf, kontemporer, naskah," katanya. 

"Syarh Al-Qur'an putra-putri dan tafsir Al-Qur'an bahasa Indonesia, Arab serta Inggris," sambungnya. 

Gandara menjelaskan, para kafila yang yang diutus merupakan para juara yang berhasil berprestasi pada ajang MTQ tingkat Kota pada tahun 2023 lalu. Yakni peraih juara satu, dua maupun tiga.

"Mereka adalah para juara pada ajang MTQ tingkat Kota Depok tahun 2023 lalu," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya tidak menetapkan target bagi para kafila. Hanya saja mereka diminta mengeluarkan kemampuan terbaiknya agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

"jadi mudah-mudahan dengan kemampuan yang mereka punya bisa memberikan hasil yang optimal dan meraih juara," tutupnya. (JD10/ ED 01).