Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Siap Beroperasi, Ini Protokol Kesehatan yang Diterapkan Mal di Depok

JD 02 - berita depok
Kamis, 4 Juni 2020, 18:38 WIB

Wali Kota Depok Mohammad Idris saat meninjau kesiapan Detos untuk pelaksanaan AKB. (Foto: JD01)

berita.depok.go.id-Pusat Perbelanjaan Depok Town Square (Detos) siap mematuhi semua protokol kesehatan untuk beroperasi kembali saat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Depok. 

Berbagai persiapan sudah dilakukan, mulai dari tempat cuci tangan dengan sabun, alat pendeteksi jumlah pengunjung. Lalu, penerapan physical distancing di eskalator, serta petugas yang dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

“Kami sudah siap beroperasi saat AKB berlaku. Tentunya sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Mall Director Detos, Sutikno Pariyoto kepada berita.depok.go.id, Kamis (04/06/20).

Menurut Sutikno, pihaknya sudah menerapkan protokol petugas yang menangani pengunjung dalam keadaan tidak sadar diri atau pingsan. Petugas yang dilengkapi dengan APD tersebut akan membawa pengunjung yang bersangkutan ke rumah sakit terdekat.

Selain itu, sambung Sutikno, pihak Detos juga menyiapkan ruang isolasi khusus bagi pengunjung yang mengalami gangguan kesehatan. Dengan demikian, nantinya tidak akan mengganggu pengunjung lain yang ada di dalam mal.

“Kami siapkan ruang isolasi dan petugas yang sudah menjalani training untuk menerapkan protokoler kesehatan,” tambahnya.

Sutikno mengatakan, pihaknya pun sudah menyiapkan SOP yang harus ditaati pengunjung saat berada di dalam area gedung. Di antaranya mewajibkan pengunjung dan pegawai toko menggunakan masker, membatasi jumlah pengunjung hingga 50 persen untuk menjaga jarak sesuai protokol pencegahan Covid-19.

“Seluruh pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk area mal dan menggunakan masker,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menuturkan, pihaknya hari ini meninjau kesiapan protokol kesehatan menghadapi AKB pusat perbelanjaan di Kota Depok. Menurutnya, pusat perbelanjaan tersebut siap beroperasi kembali dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Pusat perbelanjaan di Kota Depok secara umum menghadapi AKB sudah siap. Mulai dari pengecekan suhu, pembatasan jumlah pengunjung, hingga menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, awalnya pusat perbelanjaan di Depok akan dibuka pada Jumat (05/06). Namun kini mengalami perubahan menjadi tanggal 16 Juni 2020. Perubahan itu berdasarkan koordinasi dengan wilayah sekitar, khususnya Jakarta, lalu pembukaan pusat perbelanjaan ini disesuaikan dengan  angka penularan atau reproduksi efektif (Rt) Covid-19.

“Jika hingga tanggal 16 Juni ini angka Rt di Kota Depok tetap konsisten < 1, serta indikator lainnya terpenuhi, maka pusat perbelanjaan akan dibuka,” pungkasnya.(JD02/ED02)