Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Selain Melanggar, Ini Bahayanya Merokok Saat Berkendara!

JD 02 - berita depok
Rabu, 3 Juli 2024, 6:09 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Foto: Katar Pondok Petir)

berita.depok.go.id - Perilaku merokok saat berkendara tidak hanya akan merugikan pengendara saja, melainkan dapat merugikan orang lain. Bahkan, dapat memicu kecelakaan lalu lintas. 

Selain itu, merokok saat berkendara merupakan kegiatan yang melanggar aturan. 

Tidak hanya pengendara sepeda motor saja, bagi pengemudi mobil juga tidak diperbolehkan merokok saat mengemudikan mobilnya. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, aturan larangan merokok saat berkendara sudah tercantum pada Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 pada Pasal 106 ayat 3. 

Pada aturan tersebut tercantum bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan akan dipidana. 

"Dalam aturan tersebut, pelanggar akan dipidana dengan kurungan maksimal tiga bulan atau denda maksimal sebanyak Rp 750 ribu. Maka, diingatkan kepada masyarakat untuk menghilangkan budaya merokok saat berkendara," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (03/07/24). 

Mary menambahkan, aturan tersebut juga sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 2 Tahun 2020 perubahan dari Perda No 3 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Tentunya harus dipatuhi pengendara di tempat umum dan angkutan umum.

Selain melanggar aturan, terdapat beberapa bahaya merokok yang akan timbul jika dilakukan ketika berkendara. 

Yaitu, abu rokok dapat mengenai wajah pengendara lain, sehingga mengganggu pemandangan atau menyebabkan luka. 

Kemudian, jelas Mary, merokok dapat menyebabkan kecelakaan saat mengemudi karena kurang konsentrasi, serta dapat menimbulkan kebakaran jika bara jatuh ke kendaraan. 

"Merokok ini dapat membahayakan diri sendiri. Maka hilangkan kebiasaan merokok saat berkendara," jelasnya. 

"Tinggalkan budaya merokok, karena akan berdampak pada diri sendiri dan lingkungan sekitar," tutupnya. (JD 02/ ED 01).