Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sandiaga Uno Sebut Depok Jadi Lokasi Strategis Pengembangan Ekraf

JD 05 - berita depok
Rabu, 31 Mei 2023, 12:02 WIB
Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno memberikan sambutan pada kick off program 5.000 WUB dan 1.000 Perempuan Pengusaha tingkat kota tahun 2023, di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (30/05/23). (Foto: JD 04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha yang digagas Pemerintah Kota Pemkot sejak 2022 lalu. Hal ini dikatakannya saat menghadiri kick off program tersebut di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (30/05/23).

Sandiaga mengatakan, ekonomi kreatif (ekraf) merupakan pilar perekonomian masa depan Indonesia. Meski Depok adalah salah satu daerah dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, namun dinilai sangat strategis untuk pengembangan kota kreatif.

"Kita melihat bahwa Depok ini menjadi kota yang bisa diangkat sebagai ekosistem 17 subsektor ekraf dengan kekhususan di bidang kuliner, fashion, dan kriya," katanya dalam sambutannya di acara tersebut.

Selain tiga subsektor besar itu, ternyata di Kota Depok juga berkembang subsektor ekraf lainnya. Di antaranya media, animasi, game, musik, dan film. Hal ini berdasarkan analisis big data yang dilakukan Kementerian Parekraf RI.

"Saya lihat Depok memiliki peran yang sangat penting, karena pusat pendidikan terbaik di Asean dan dunia ada di sini yaitu Universitas Indonesia. Saya yakin Indonesia emas akan tercapai jika 70 persen usia produktifnya ini dalam 13-15 tahun ke depan mengkonversi sebagian generasi milenial dan Z peluang-peluang kreativitas yang tinggi dan rasa percaya diri yang besar," paparnya.

Sandiaga juga mendukung penuh Kota Depok yang tengah mengajukan diri menjadi kota kreatif tingkat internasional ke UNESCO.

"Depok merupakan kota dengan posisi strategis, Depok juga akan meningkatkan posisinya jadi kota kreatif di skala internasional," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD 04)