Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Rangkapan Jaya Siap Sukseskan Sensus Penduduk 2020

JD 05 - berita depok
Jumat, 21 Februari 2020, 15:00 WIB

Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya bersama petugas sensus penduduk dari BadanPusat Statistik (BPS) Kota Depok melakukan sosialisasi di halaman kantor Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, beberapa waktu lalu. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id – Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas siap menyukseskan  Sensus Penduduk 2020 yang sudah mulai berjalan sejak tanggal 15 Februari lalu. Salah satunya dengan mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Lurah Rangkapan Jaya, Kharisma Eka Putra mengatakan, pihaknya memanfaatkan kegiatan kemasyarakatan untuk mensosialisasikan terkait sensus penduduk. Menurutnya, cara tersebut dianggap tepat untuk menginformasikan ke masyarakat.

“Biasanya kalau ada kegiatan pengajian, arisan, dan kumpul-kumpul warga kami manfaatkan sekalian untuk mengajak masyarakat Sensus Penduduk melalui online,” kata Kharisma kepada berita.depok.go.id, Jumat (21/02/2020).

Dikatakannya, Sensus Penduduk kali ini terdiri dari dua metode yaitu secara daring (online) dan konvensional (offline).  Sensus secara online dimulai tanggal 15 Februari-31 Maret, sedangkan secara konvensional mulai Juli nanti.

“Masyarakat tidak perlu khawatir akan sulit melakukan sensus penduduk dengan metode online. Cukup masuk ke website sensus.bps.go.id, kemudian masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK),” ujarnya.

Dirinya menambahkan, berdasarkan data yang dihimpun, jumlah penduduk di wilayahnya sebanyak 43 ribu jiwa. Untuk itu, agar pendataan penduduk dapat maksimal,  pihaknya akan mengoptimalkan peran warga yang menjadi petugas sensus.

“Koordinator sensus penduduk di masing-masing RW ada 10 orang, dan petugasnya 38 orang. Mudah-mudahan dengan keikutsertaan warga kami dapat membantu proses sensus penduduk kali ini,” tandas Kharisma. (JD 05/ED 01/EUD 02)