Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Puskesmas Kemirimuka Dinilai Tim Akreditasi Kemenkes

Senin, 28 Oktober 2019, 0:05 WIB
Kesra

Suasana penerimaan tim penilai dari Kementerian Kesehatan oleh Puskesmas Kemiri Muka. ( Foto: Diskominfo)

depok.go.id-Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, tengah menjalani proses akreditasi oleh Kementerian Kesehatan. Akreditasi tersebut dilakukan 3 tahun sekali, sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Puskemas Kemirimuka, Hilma Handayani mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan semuanya dalam menyukseskan penilaian akreditasi. Mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga sarana dan prasarana pendukung.

“Kami berharap bisa mendapatkan nilai yang paripurna. Yang artinya, pelayanan sudah baik sesuai standar yang ditetapkan, sehingga kami tinggal meneruskan dan semakin memaksimalkan pelayanan,” ujarnya kepada depok.go.id belum lama ini.

Sementara itu, Tim Penilai Kementerian Kesehatan, Tini Suryanti menjelaskan, tujuan dari akreditasi sebagai langkah meningkatkan mutu pelayanan keselamatan pasien dan kepuasaan pelanggan. Selain itu, juga sebagai  langkah perlindungan bagi SDM kesehatan masyarakat dan Puskesmas sebagai institusi.

“Akreditasi ini tentunya untuk meningkatkan kinerja Puskesmas dalam pelayanan kesehatan perserorangan masyarakat dan lingkungan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari menambahkan, tahun ini  sebanyak 12 Puskesmas di Kota Depok, mulai mengikuti tahap penilaian akreditasi. Penilaian dilakukan secara bertahap.

“7 Puskesmas sebelumnya sudah diakreditasi, menyusul lima lagi yaitu Puskesmas Pasir Gunung Selatan, Puskesmas Kemirimuka, dan Puskesmas Pondok Sukmajaya. Kemudian di Puskesmas Kedaung dan Puskesmas Pasir Putih. Kami sudah dampingi segala persiapannya. Harapan kami semua mendapat nilai yang memuaskan,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo