Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Puskesmas Harjamukti Sediakan Pelayanan Imunisasi PCV Bagi Balita

JD 02 - berita depok
Rabu, 11 Januari 2023, 14:59 WIB
Pemberian imunisasi PCV kepada balita di Posyandu Dahlia B RW 05, Selasa (10/01/23). (Foto: Dokumentasi Puskesmas Harjamukti)

berita.depok.go.id- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Harjamukti menyediakan pelayanan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) bagi balita. Pelayanan tersebut juga tersedia di Posyandu terdekat.

Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti Eni Ernawati menjelaskan, sasaran imunisasi PCV untuk usia 2 bulan sampai 5 tahun. Imunisasi ini diberikan secara gratis untuk mencegah penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri pneumococcus.

"Masyarakat yang ingin mengikuti pelayanan ini dapat mendatangi Puskesmas Harjamukti setiap Rabu jam 08.00-10.30 WIB dengan membawa fotokopi kartu keluarga," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (11/01/23).

Lebih lanjut, Eni menjelaskan, untuk ketentuan imunisasi yaitu usia 2 bulan diberikan PCV 1, usia 3 bulan PCV 2, dan usia 1 tahun PCV 3. Selain itu, usia 1-2 tahun diberikan dua kali suntik dengan jarak satu tahun dan usia 2-5 tahun diberikan satu kali suntik.

"Yuk cegah pneumonia, lindungi balita anda dengan melakukan imunisasi PCV," pungkasnya. (JD02/ED01/EUD02)