Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Puluhan Siswa TK IT Chiara Diajak Belajar Banyak Hal ke Balai Kota Depok

JD09 - berita depok
Selasa, 30 April 2024, 19:12 WIB
TK IT Chiara Cipayung mengunjungi Perpustakaan Umun Kota Depok, Kamis (23/04/24). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Sebanyak 64 siswa TK Islam Terpadu (IT) Chiara, Kecamatan Cipayung, Kota Depok diajak mengenal lingkungan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Pengenalan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-25 Kota Depok sekaligus bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kota Depok di TK IT Chiara.

Kepala TK IT Chiara, Cut Nur Vidawati mengatakan, anak-anak berangkat dari sekolah ke Balai Kota Depok menggunakan angkutan umum didampingi oleh para guru. Di sini mereka diajarkan untuk menggunakan transportasi publik.

"Anak naik angkot bersama guru, mereka dibekali uang Rp 10.000 oleh orangtuanya untuk pergi pulang dan membayar angkot sendiri," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (30/04/24).

Di Balai Kota Depok, anak-anak melihat langsung kantor administrasi pemerintah. Mereka dikenalkan dengan Kantor Wali Kota, Masjid, Kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Lalu, Depok Open Space dan terakhir ke Perpustakaan Umum Kota Depok.

"Di perpustakaan anak-anak diajak menonton video serta main games bersama para pustakawan dan membaca berbagai buku di dalam perpustakaan," terang Vida, sapaannya.

Diharapkan dari kunjungan ini, peserta didik mengetahui cara ke perpustakaan, dari sekolahnya dapat menggunakan angkot dengan nomor 05 dengan membayar sejumlah uang.

Selain itu, di dalam perpustakaan anak-anak bisa membaca buku atau pinjam untuk dibawa pulang.

"Ini tentu berdampak sangat positif bagi anak, karena dengan mengajak ke perpustakaan akan membuat mereka semakin menyukai buku," kata Vida.

"Kedepannya diharapkan minat baca mereka semakin bertambah setelah mengetahui ada tempat yang bisa mereka kunjungi untuk membaca berbagai jenis buku sepuasnya, selain di sekolah dan rumah," ungkap dia.

Meskipun terlihat lelah, kata Vida, seluruh anak sangat terkesan dengan kunjungan ke kantor pemerintah, terutama Perpustakaan. Sebab, sebagian besar dari mereka belum pernah ke sana.

"Anak-anak terlihat sangat senang ketika bisa membaca banyak buku, sehingga banyak yang bilang diakhir pekan ingin mengajak orang tuanya ke Perpustakaan Depok," tandasnya. (JD09/ED02)