Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Polres Metro Depok Bagikan Tips Aman Mudik Libur Natal dan Tahun Baru

JD09 - berita depok
Rabu, 27 Desember 2023, 16:17 WIB
Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas (Wakasat Lantas) Polres Metro Depok, Komisaris Polisi (Kompol) Sugianto mengatur arus lalu lintas di Simpang Juanda (Medan 9). (Foto : dok. Polres Metro Depok).

berita.depok.go.id - Polres Metro Depok membagikan sejumlah tips dalam mengemudikan kendaraan yang aman dalam rangka liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Mari simak tips-tips yang diberikan Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas (Wakasat Lantas) Polres Metro Depok, Komisaris Polisi (Kompol) Sugianto,

Menurut Wakasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Sugianto, sudah menjadi tradisi sebagian masyarakat di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), memanfaatkan masa liburan untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman maupun berwisata ke tempat wisata. 

Namun, agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar perlu memperhatikan beberapa hal agar dalam perjalanan dapat mengendarai kendaraan dengan aman. 

"Kita harus menyiapkan kondisi badan yang prima, selain itu kita harus menyiapkan kondisi kendaraan yang prima juga," tutur Kompol Sugianto kepada berita.depok.go.id, Rabu (27/12/23).

Artinya kendaraan yang akan digunakan harus terlebih dahulu di cek sedetail mungkin. Mulai dari dari oli mesin, minyak rem, tekanan angin pada ban, ketebalan ban. Kemudian, air wiper, kondisi accu atau aki harus dalam kondisi baik.

"Khususnya kondisi instrumen-instrument yang sangat vital pada kendaraan seperti kondisi rem, gas dan kopling pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual," ungkapnya.

"Instrumen-instrumen ini harus dalam keadaan baik serta siap pakai, kemudian instrumen-instrumen ini harus kita kenali dan kita rasakan dengan baik," terang Kompol Sugianto.

Setelah dilakukan pengecekan instrumen-instrumen tersebut, hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah atitute atau perilaku saat mengunakan kendaraan di jalan.

"Harus kita sadari bahwa pada saat kita mengemudikan kendaraan di jalan sebenarnya kita sedang melakukan Komunikasi dengan kendaraan lainnya," ucapnya.

Kompol Sugianto melanjutkan, dalam mengoperasikan kendaraan sebenarnya pengemudi sedang membuat keputusan-keputusan. Misalnya, membuat keputusan menyalip atau tidak menyalip kendaraan di depan kita, lalu mengurangi-menambah kecepatan kendaraan.

"Untuk itu dengan kondisi kendaraan dan fisik yang prima serta pengetahuan tentang berlalulintas akan membuat keputusan yang diambil tepat dan berkendara menjadi aman," pungkas dia. (JD09/ED 02)