Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pokja Sehat Curug Fokuskan Pembinaan KTR di Wilayah

JD09 - berita depok
Rabu, 7 Juni 2023, 15:14 WIB
Ketua FKS Kota Depok, Elly Farida menyampaikan arahannya pada Pokja Sehat Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis di aula Kantor Kelurahan Curug, Selasa (06/06/23). (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Kelompok Kerja (Pokja) Sehat Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis mengadakan rapat kepengurusan pertama tahun ini. Digelar kemarin (06/06), kegiatan tersebut sebagai upaya penguatan anggota dalam mewujudkan kelurahan sehat.

Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, Pokja kelurahan sehat memiliki peran penting dalam mewujudkan Depok sebagai Kota Sehat. Termasuk, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) di tingkat kecamatan.

"Kami berharap seluruhnya dapat bersinergi dan berkolaborasi, karena memiliki peran dan program kesehatan untuk di wilayah setempat," tutur Bunda Elly sapaannya, kepada berita.depok.go.id, Selasa (06/06/23).

Bunda Elly menjelaskan, Pokja Sehat ikut mendukung program-program kesehatan di Kota Depok. Seperti penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di 7 lokasi khusus (lokus), pencegahan stunting, maupun kesehatan lingkungan. 

"Untuk KTR sedang kami gencarkan, peran Pokja Sehat harus sangat aktif dan bersinergi dengan kecamatan dan kelurahan," tambahnya.

Sementara itu, Lurah Curug, Raden Iwan mengatakan, kegiatan ini merupakan penguatan Pokja Sehat Kelurahan Curug dan memberikan pengetahuan-pengetahuan bidang kemasyarakatan kepada para anggotanya.

“Tujuannya agar sosialisasi ini sampai pada titik sasaran yaitu masyarakat yang berada di Kelurahan Curug,” katanya.

Melalui kegiatan ini, Iwan berharap, para anggota Pokja Sehat dapat mensosialisasikan Perda KTR dengan baik. Sebab, tujuan dari aturan ini untuk melindungi hak-hak kesehatan bagi masyarakat, mulai dari balita hingga lansia. 

"Kedua adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok, dampaknya, dan akhirnya dia jadi mau dan mampu hidup sehat, paling tidak mereka tidak merokok di 7 kawasan yang masuk dalam KTR," tandasnya. (JD 09/ED 01/EUD 04)