Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemerintahan Pendidikan
Pimpin Apel, Kepala Disdukcapil Sampaikan Sejumlah Terobosan Pelayanan Publik
JD 08 - berita depok

602
Jumat, 13 Des 2024, 12:55 WIB

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayatti menjadi pembina apel pagi di Lapangan Balai Kota Depok, Jumat (13/12/24). (Foto:Humas dan Protokol)

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayatti menjadi pembina apel pagi di Lapangan Balai Kota Depok, Jumat (13/12/24). 

Dalam momen tersebut, dia menyampaikan ke peserta apel yang diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, terkait beberapa terobosan yang telah dilakukan Disdukcapil.

Di antaranya, Depok Sistem Informasi Data Warga Terpadu (De' Smart) yang menyediakan Data Konsolidasi Bersih (DKB) tiap semester. Untuk memudahkan warga mendapatkan informasi tentang data kependudukan.

"Selain itu, ada juga inovasi Disdukcapil Depok Jemput Bola Warga Lansia, Orang Sakit, dan Disabilitas (De Jelitas). Seringkali warga disabilitas, orang sakit, lansia, bahkan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) disembunyikan oleh lingkungannya, sehingga tidak memiliki identitas," ujarnya, saat apel.

"Setiap Senin, Rabu, dan Jumat kami melakukan pelayanan langsung ke rumah warga tersebut dan ke rumah sakit. Kita juga melakukan rekaman biometrik kepada warga yang belum mempunyai identitas kependudukan," jelasnya.

Tahun ini, lanjutnya, Disdukcapil juga bekerja sama dengan JNE untuk mengirimkan dokumen kependudukan berupa Kartu Tanda Kependudukan (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) ke rumah warga, atas permintaan. 

"Alhamdulillah, ini sudah berjalan dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat atas kecepatan pelayanan sampai ke rumah mereka," ucapnya.

Terakhir, Nuraeni menjelaskan, Sosialisasi Gerakan Warga Sadar Administrasi Kependudukan (Saba RW Darminduk) sudah mulai dilaksanakan dengan menyapa warga dan memberikan kesadaran akan administrasi kependudukan. 

"Masyarakat juga sangat antusias, sehingga kinerja program kita mencapai target sampai November ini," jelasnya.

Lebih lanjut, ujar dia, Disdukcapil bisa sampai di tahap ini karena inovasi yang terus dikembangkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan ini dapat menjadi semangat bagi teman-teman di Perangkat Daerah (PD) yang juga melakukan pelayanan ke masyarakat agar terus menciptakan inovasi," pungkasnya. (JD 08/ MGG Indah/ED 02)


Apa reaksi anda?
0
0
1
0
0
0
0