Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

PIK-R Kelurahan Panmas Usulkan Tiga Kegiatan di Musrenbang 2024

JD 05 - berita depok
Jumat, 13 Januari 2023, 17:26 WIB
Lurah Pancoran Mas, M. Soleh bersama Anggota Kelompok PIK R yang menghadiri Musrenbang 2024 tingkat kelurahan, Rabu (11/1/2023). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) turut berpartisipasi menyampaikan usulan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 tingkat kelurahan. Pada kesempatan itu, ada tiga kegiatan yang diusulankan PIK-R dalam Musrenbang.

Anggota PIK Remaja Kelurahan Panmas, Nabila menjelaskan, tiga kegiatan yang diusulkan meliputi pelatihan atau sosialisasi Konselor Sebaya, Edukasi tentang Kesehatan Reproduksi, serta Edukasi Bahaya Narkoba dan Penyakit Menular Seksual pada remaja ke Kelurahan melalui Musrenbang 2024.

"Ketiga kegiatan ini penting diusulkan, agar remaja di Panmas tidak terkena bahaya pergaulan bebas, karena itu perlu dilakukan sosialisasi yang mendalam," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (13/01/23).

Perempuan yang duduk di bangku kelas XII SMK ini menuturkan, Kelompok PIK-R Kelurahan Panmas terbentuk sejak tahun 2021. Namun hingga tahun ini masih banyak remaja setempat yang belum mengenal kelompok tersebut.

"Tahun ini kami ingin fokus rekrutmen remaja Panmas untuk gabung di PIK-R melalui kegiatan-kegiatan di wilayah," tuturnya.

Nabila menyebut, PIK-R adalah wadah untuk memberikan informasi tentang Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR). Di dalamnya juga berisi kegiatan mengenai Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Pelayanan Konseling dan Rujukan PKBR.

"Pembentukan PIK-R sangat penting, karena keberadaannya diharapkan dapat mencegah remaja terhindar dari berbagai perilaku negatif seperti penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

"Dengan begitu, remaja dapat tumbuh dan berkembang menjadi Generasi Berencana (Genre) yang sehat, cerdas dan ceria," tandasnya. (JD 05/ED 02/EUD02)