Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemerintahan

Permudah Layanan Kependudukan, Pemkot Depok Hadirkan Mesin ADM Kedua di Detos

JD 03 - berita depok

239
Senin, 21 Des 2020, 15:51 WIB

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, melaunching Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) sekaligus menyerahkan dokumen kependudukan kepada salah satu warga di Depok Town Square, Senin (21/12/2020). (Istimewa)

berita.depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap dengan resmi beroperasinya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Depok Town Square (Detos), pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dapat lebih cepat dan efektif ke depannya. Dengan begitu, masyarakat dapat semakin mudah dalam mengakses layanan kependudukan di Depok. 

"Alhamdullilah, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Yang memudahkan warga dalam mengakses dokumen kependudukan, seperti KTP elektronik, kartu keluarga, surat kematian dan akta kelahiran,” kata Mohammad Idris usai meresmikan mesin ADM di Detos, Senin (21/12/20).

Lebih lanjut, ungkap dia, rencananya di tahun 2021, Kota Depok sudah memiliki total lima mesin. Lima unit tersebut akan tersebar di Kota Depok. 

"Pemkot akan memasang ADM di lokasi yang dapat menjangkau seluruh masyarakat Depok. Misalnya di wilayah barat di Cinere, Limo atau wilayah timur seperti Tapos, Cimanggis," terangnya.

Dikatakan Mohammad Idris, manfaat lain dari mesin ADM ini bisa mencegah terjadinya pungutan liar (pungli). Terlebih di masa pandemi seperti sekarang yang memakai pelayanan serba digital. Warga bisa mengurus dokumen kependudukan secara online dari rumah, lalu cetak melalui mesin ADM. 

“ADM yang pertama di The Park Sawangan merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan yang di Detos berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok,” jelasnya.

Mohammad Idris menambahkan, khusus di Detos ini juga bakal dibangun gerai layanan kependudukan lengkap dengan petugasnya. langkah tersebut dilakukan agar masyarakat  bisa mendapat layanan maupun informasi terkait kependudukan 

“Semua upaya ini dalam rangka menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Yaitu perwujudan pelayanan yang membahagiakan,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)


Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0