Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Peringati WCD, Aparatur Kecamatan Cilodong Bersama Warga Kompak Bersihkan Lingkungan

JD 05 - berita depok
Kamis, 22 September 2022, 15:35 WIB
News

berita.depok.go.id - Aparatur Kecamatan Cilodong bersama para lurah dan warga, hari ini melakukan gerakan membersihkan lingkungan serta memilah sampah di RW 22 Kelurahan Sukamaju. Gerakan bebersih lingkungan ini merupakan bagian dari Hari Aksi Bersih-Bersih Sedunia atau World Cleanup Day (WCD) yang diperingati setiap 17 September.

Camat Cilodong, Bambang Eko Sukmono mengatakan, aksi bebersih lingkungan tidak hanya menjadi seremonial semata karena adanya peringatan World Cleanup Day. Namun, imbuhnya, harus dilaksanakan setiap hari minimal di halaman rumah.

"Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, Ketua RT dan RW bersama warga harus rutin melaksanakan kerja bakti minimal seminggu satu kali," ujarnya, Kamis (22/09/22).

Terlebih, ketika musim hujan seperti saat ini, kata Bambang Eko, masyarakat diminta membersihkan saluran air agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes Aegypti yang bisa mengakibatkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dirinya juga meminta kepada Ketua RT dan RW untuk membentuk bank sampah di wilayah. Dengan dibentuknya bank sampah diharapkan masyarakat lebih bijak mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Keberadaan bank sampah kalau bisa sampai di tingkat RT. Pemilihan sampah yang dilakukan dari sumbernya (rumah tangga) akan sangat membantu mengurangi beban sampah yang masuk ke TPA Cipayung," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)