Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Peringati Hari Gizi Nasional, Dinkes Depok Adakan Webinar hingga Bazar Makanan Sehat

JD 02 - berita depok
Rabu, 25 Januari 2023, 10:39 WIB
Para peserta webinar Peringatan Hari Gizi Nasional Tingkat Kota Depok. (Foto: Tangkapan Layar).

berita.depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok turut memperingati Hari Gizi Nasional ke-63 yang jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Peringatan tersebut digelar melalui kegiatan webinar, skrining kesehatan status gizi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Depok, serta bazar makanan sehat. 

Webinar Hari Gizi dibuka secara langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Depok, Sri Utomo. Selain itu juga diikuti oleh Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan, TP-PKK, Posyandu, Sekolah, seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan stakeholder lainnya.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, peringatan Hari Gizi tersebut sebagai momentum yang baik untuk menggaungkan upaya pencegahan stunting dengan protein hewani. Mengingat, hal ini juga dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga masyarakat, serta melibatkan berbagai pihak, baik pemerintah dan swasta. 

Dikatakan Mary, untuk di Kota Depok, Peringatan Hari Gizi diberi nama BELIMBING DEWA yang berarti Bersama Lindungi Masyarakat Berantas Stunting Dengan Makan Bersama Keluarga Dengan Protein Hewani. 

“Harapannya dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan bersama untuk hidup sehat untuk mewujudkan masyarakat yang produktif,” jelasnya saat menyampaikan laporan kegiatan webinar, Rabu (25/01/23). 

Lebih lanjut, Mary menjelaskan, melalui webinar yang dilakukan, pihaknya ingin menyebarluaskan informasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat tentang pentingnya gizi ibu hamil, ibu menyusui dan balita yang kaya protein hewani. Sehingga masyarakat memiliki perilaku konsumsi beraneka ragam makanan yang kaya protein hewani dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Kemudian, imbuhnya, juga dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam kampanye pencegahan masalah stunting, dengan mengonsumsi protein hewani bersama keluarga. Serta, pemberdayaan PKK dalam perbaikan gizi masyarakat untuk optimalisasi pemantauan pertumbuhan rutin dalam rangka cegah stunting sejak dini.

“Kami juga ingin meningkatkan komitmen semua unsur pentahelix dalam rangka kampanye pencegahan stunting,” pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD03)