Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemkot Depok Respons Cepat Tangani Orang Terlantar di Jalan Tole Iskandar

JD 02 - berita depok
Sabtu, 23 Maret 2024, 12:32 WIB
Tim TKSK saat mengevakuasi orang terlantar yang sebelumnya ada di sekitar Jalan Tole Iskandar dibawa ke RSUD KiSA. (Foto: Dokumentasi Dinsos Depok).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Sosial (Dinsos) merespons cepat pengaduan masyarakat terkait adanya orang terlantar di sekitar Jalan Tole Iskandar, Kecamatan Sukmajaya. 

Kepala Dinsos Kota Depok, Devi Maryori mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat pada Jumat (22/03) kemarin sekira pukul 14.00 WIB. Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh petugas Dinsos yakni Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada di kecamatan Sukmajaya untuk ditelusuri ke lokasi. 

"Kami koordinasikan dengan TKSK kecamatan dan mereka bergerak cepat ke lokasi untuk menolong orang tersebut," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Sabtu (23/03/24). 

Devi menyebutkan, setelah tim berada di lokasi, orang terlantar tersebut membutuhkan pertolongan kesehatan. Sebab, saat ditemui kondisi orang tersebut dalam keadaan lemah dan sesak nafas. 

Selanjutnya, jelas Devi, pihaknya berkoordinasi dengan Puskesmas Sukmajaya untuk meminta bantuan pengantaran ke Rumah Sakit Umum Daerah Khidmat Sehat Afiat (RSUD KiSA) Kota Depok menggunakan ambulance Puskesmas. Pihaknya selama ini sering membawa orang terlantar yang butuh pelayanan kesehatan ke RSUD KiSA Kota Depok.

Sesampainya di RSUD KiSA, petugas TKSK bersama pegawai RS sempat memandikan orang terlantar tersebut terlebih dahulu karena kondisi badannya kotor. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan secara fisik, pemeriksaan laboratorium darah serta penunjang lainnya. 

"Menurut diagnosa Dokter di RSUD KiSA, orang terlantar ini mengalami kondisi Malnutrisi dan Suspek Tuberkulosis, yang masih perlu pemeriksaan yang lebih lengkap lagi. Rencananya akan dilakukan perawatan di ruang rawat inap," jelasnya. 

Devi menambahkan, hingga kini, orang terlantar tersebut sudah mendapat tatalaksana medis yang baik. Namun, masih belum dapat dimintai keterangan terkait dirinya dan asal usulnya karena tidak dapat memberikan jawaban yang jelas. 

Selanjutnya pihaknya akan berupaya mencari data diri orang tersebut dengan bantuan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk bisa membantu menelusuri asal usul dan keluarga orang tersebut.

"Masih belum dapat identitasnya, akan dikonsultasikan kembali. Sementara mendapatkan perawatan di RSUD KiSA sampai keadaannya membaik," tambahnya. 

"Kami akan lakukan pemantauan secara berkala, hingga orang terlantar ini dapat dinyatakan sehat dan jelas identitasnya," tandasnya. (JD 02/ ED 01).