Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemkot Depok Lanjutkan Program Dana Rp 5 Miliar per Kelurahan

JD 05 - berita depok
Kamis, 12 Januari 2023, 16:42 WIB
Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kota Depok, Endra. (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melanjutkan realisasi salah satu Janji Kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok periode 2021-2026 yaitu seluruh kelurahan mendapatkan anggaran Rp 5 miliar setiap tahunnya. Program ini sukses berjalan sejak 2022.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Endra menjelaskan, dana Rp 5 miliar bersumber dari dua pos anggaran. Yaitu Rp 2,5 miliar melalui dana kelurahan dan Rp 2,5 miliar lainnya intervensi dari perangkat daerah melalui proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

"Program realisasi janji kampanye Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota sudah dijalankan sejak 2022 sesuai yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Depok 2021-2026," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (12/01/23).

Endra mengatakan, anggaran Rp 5 miliar digunakan untuk pembangunan sarana prasarana (sarpras) dan pemberdayaan masyarakat tingkat kelurahan. Tentunya agar lebih cepat dan efisien dalam mendorong roda perekonomian di wilayah tersebut.

"Tahun ini juga demikian per Kelurahan akan mendapatkan dana Rp 5 miliar," katanya.

Menurut Endra, program Rp 5 miliar per kelurahan dinilai sangat efektif untuk mewujudkan pembangunan Kelurahan cerdas. Serta mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat.

"Realisasi fisik dan keuangan pelaksanaan janji kampanye anggaran Rp 5 miliar per Kelurahan untuk kegiatan 2022 terserap lebih dari 90 persen," tandasnya. (JD 05/ED 02/EUD02)