Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemkot Depok Gencar Lakukan Rapid Test Massal

Sabtu, 16 Mei 2020, 21:35 WIB

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok gencar melakukan pemeriksaan Rapid Test di berbagai Tempat-tempat Umum (TTU) di Kota Depok. Seperti hari ini, pihaknya melakukan Rapid Test di enam pasar tradisional dan dua ritel modern di Kota Depok. 

"Dalam upaya penjaringan kasus secara masif, maka kami terus melakukan pemeriksaan rapid test di TTU dan tempat-tempat yang diidentifikasi berpotensi menjadi lokasip penularan" kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Sabtu (16/05/20) malam.

Mohammad Idris merinci, total warga Depok yang mengikuti Rapid Test tersebut sebanyak 990 orang. Baik dari kalangan pedagang, pengunjung pasar, maupun petugas pasar harian seperti penjaga keamanan dan pesapon. 

Dikatakannya, pada hari ini, Rapid Test dilaksanakan di Pasar Tugu, Pasar Kemiri Muka, Pasar Sukatani, Pasar Depok Jaya, Pasar Pucung, Pasar Musi. Sedangkan di pasar swalayan dilakukan di Giant Cimanggis dan Tip Top. 

Dari 585 sampel di pasar tradisional terdapat 3 orang reaktif. Sedangkan di dua toko modern, dari 405 sampel terdapat 20 orang reaktif. Dengan demikian dari total sampel 990 di Tempat-Tempat Umum, reaktif 23 orang  

"Selanjutnya hasil rapid test reaktif atau positif, akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Swab PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok," tambahnya.

Selain itu, Mohammad Idris menyampaikan perkembangan terbaru penyebaran Coronavirus atau Covid-19 di Kota Depok. Kini terdapat 813 Orang Tanpa Gejala (OTG), 1.486 Orang Dalam Pemantauan, dan 664 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dirinya menambahkan, untuk penambahan kasus sembuh, hari ini menjadi 89 orang, bertambah 5 orang dari sebelumnya 84 orang. Kasus konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh setelah menjalani tindaklanjut Swab dengan hasil negatif dua kali berturut turut.

"Kasus konfirmasi 395 orang, sembuh sebanyak 89 orang, dan meninggal ada 20 orang," tutupnya. (JD 07/ED02/EUD02)