Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pagu Anggaran 2021, Rp 2,5 Miliar Dialokasikan ke Prioritas Tiap Kelurahan

admin - berita depok
Kamis, 9 Januari 2020, 5:15 WIB

Kepala Bidang Program Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Kota Depok, Reni Siti Nuraini. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengarahkan pagu anggaran 2021 senilai Rp 2,5 miliar/kelurahan untuk mengembangkan prioritas pembangunan di wilayah. Menurut Kepala Bidang (Kabid) Program Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Reni Siti Nuraini, kelurahan bisa mengusulkan sejumlah prioritas untuk mendorong terwujudkan program Pemkot Depok.

"Kelurahan bisa memprioritaskan ke pelaksanaan kelurahan layak anak. Adapun sub kegiatan yang bisa diajukan yakni rakor gugus tugas kelurahan layak anak, workshop penguatan RW ramah anak, hingga aksi dan kreativitas forum anak tingkat kelurahan. Sub Kegiatan yang ada ini sifatnya optional, bisa dipilih oleh kelurahan sesuai kebutuhan wilayahnya,” kata Reni kepada berita.depok.go.id  di ruang kerjanya, Rabu (08/01/20).

Sedangkan kegiatan lain yang bisa diusulkan, lanjutnya, seperti penyelenggaraan kelurahan sehat. Dikatakannya, untuk penyelenggaraan itu, beberapa sub kegiatan yang bisa dipilih yaitu pelatihan pendataan dan pelaporan tatanan kelurahan sehat, RW siaga aktif, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga, dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Dia menuturkan, setiap kelurahan juga diperbolehkan untuk mengajukan berbagai kegiatan lain yang sudah tercantum dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Depok Nomor 050/0022-prog/B2PP Tentang Pagu dan Juknis Kegiatan Prioritas Kelurahan tahun 2021. Yakni pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, penguatan Kampung KB, pelayanan Posyandu dan Posbindu, pencegahan dan penanggulangan stunting, pelatihan kader kesehatan, pelaksaan PHBS, dan penanggulangan TB danHIV.

“Kegiatan lainnya yang bersifat infrastruktur yang bisa diajukan seperti pembangunan jalan lingkungan, pembangunan drainase lingkungan, pembangunan IPAL komunal. Lalu, pembuatan sumur resapan, ataupun pemasangan penerangan jalan lingkungan,” rincinya.

Reni menambahkan, pada tahun 2021, Pemkot Depok akan memerhatikan kegiatan pembinaan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), hingga pembinaan Pokja Lansia di kelurahan. "Selain juga pembentukan dan pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), pembinaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dan festival Depok Kreatif Energik Mandiri (Keren)," tutupnya.(JD 06/ ED02/EUD02)



Berita Terkait

Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0