Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

MIN 1 Depok Siap Diresmikan Wakil Wali Kota Besok

JD09 - berita depok
Senin, 22 April 2024, 20:02 WIB
Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Enjat Mujiat (kiri), meninjau langsung Gedung MIN 1 Kota Depok, yang terletak di Jalan Ketapang, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya. (Foto : dok.Kemenag Depok)

berita.depok.go.id - Menyambut tahun ajaran baru 2024-2025, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok bakal meluncurkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) dengan mengusung konsep sekolah digital. Sekolah ini merupakan MIN pertama di Kota Depok yang akan berlokasi di Kecamatan Sukmajaya.

Kepala Kantor Kemenag Depok, Enjat Mujiat mengatakan, pihaknya mendapatkan hibah tanah dan bangunan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Setelah diserahkan, pihaknya segera mengurus kelengakapan izin dan persyaratannya agar bisa segera diresmikan.

"InsyaAllah MIN 1 Kota Depok akan diresmikan besok, Selasa 23 April 2024 oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hatono," tutur Enjat Mujiat kepada berita.depok.go.id, Senin (22/04/24).

Hadirnya, MIN 1 Kota Depok merupakan merupakan bukti komitmen Kemenag dan Pemkot Depok dalam mendukung sarana pendidikan berbasis Islam. Sekaligus, ini merupakan pemenuhan janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris – Imam Budi Hartono,” kata Enjat Mujiat.

Dikatakan dia, MIN 1 Kota Depok mengusung konsep sekolah digital, sehingga, kelengkapan sekolahnya banyak mengunakan perangkat digital.

"Nanti kita tidak pakai papan tulis tetapi menggunakan layar televisi. Begitu juga, giat belajar mengajar lainnya akan banyak menggunakan perangkat digital" jelasnya.

Selain mengusung konsep sekolah digital, sambung Enjat Mujiat, MIN 1 Kota Depok menawarkan program-program unggulan yang ditujukan dapat memperkuat intelektual, emosional, dan spiritual peserta didik.

“Di antaranya program madrasah yang ramah lingkungan, peserta didik yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa inggris dan Arab (Bilingual). Serta memiliki kompetensi dalam menghafal Alquran (Tahfidz),” kata Enjat Mujiat.

Menurutnya, Gedung MIN 1 Kota Depok berada di Jalan Ketapang, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, yang merupakan hibah tanah dan bangunan dari Pemkot Depok.

“Ini bekas Gedung SDN Mekarjaya 24, yang digunakan untuk sekolah MIN,” ungkap Enjat Mujiat.

Direncanakan, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pertama akan dibuka dua rombongan belajar (rombel). Pendaftaran dibuka pada tanggal 2 Mei mendatang.

"Masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya bisa mendaftar melalui online ataupun offline," tutupnya. (JD09/ED02)