Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Masyarakat Depok Diajak Lakukan Uji Emisi, Ini Manfaatnya

JD 08 - berita depok
Senin, 12 Desember 2022, 15:00 WIB
DLHK Kota Depok menggelar kegiatan uji emisi di Halaman Balai Kota Depok, Senin (12/12/22). (JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok mengajak masyarakat untuk melakukan uji emisi pada kendaraan mereka. Pasalnya, terdapat beberapa manfaat jika kendaraannya dirawat dengan baik.

“Saat ini kami sedang mengadakan kegiatan uji emisi gratis yang dilaksanakan selama delapan hari di berbagai lokasi. Masyarakat bisa hadir dengan membawa kendaraan untuk dilakukan uji emisi,” ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, disela kegiatan uji emisi di Halaman Balai Kota Depok, Senin (12/12/22).

Dikatakannya, beberapa manfaat yang didapat antara lain pemilik kendaraan dapat mengetahui tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil setelah dilakukan analisa kandung CO2 dan HC dalam gas buang.

Selain itu, lanjut dia, membantu pemilik mobil menyetel campuran udara dan bahan bakar secara tepat.

“Pemilik juga akan mengetahui kinerja mesin mobil dalam kondisi baik atau tidak dan bisa mengirit bahan bakar serta mengoptimalkan tenaga mesin mobil," jelas Ety.

Kemudian, sambung dia, kerusakan pada bagian-bagian mesin mobil dapat diketahui. Selain juga lingkungan akan sehat karena udara menjadi bersih serta.

“Banyak manfaat yang bisa dirasakan. Untuk itu, kami mengimbau pemilik kendaraan agar melakukan pengecekan secara berkala agar kendaraan terawat dan tidak menyumbangkan polusi untuk lingkungan,” tutupnya. (JD08/ED02/EUD02)