Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Mahasiswa UTS Australia Terkesan dengan Sistem Kesehatan Puskesmas Sawangan

Senin, 15 Juli 2019, 9:51 WIB
Maju


depok.go.id. Sebanyak 13 mahasiswa University of Technology Sydney (UTS), Australia menyambangi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan, Depok pada Kamis (11/07/2019). Kedatangannya tersebut guna mempelajari sistem kesehatan di wilayah Depok, khususnya di Kecamatan Sawangan yang berbasis masyarakat.

Pendamping mahasiswa yang juga sebagai Dosen UTS, Anna Johnson mengatakan, mahasiswa yang dibawanya terdiri dari empat mahasiswa jurusan keperawatan dan sembilan mahasiswa jurusan ilmu kesehatan. Selain berkunjung ke Puskesmas Sawangan, rombongan sebelumnya telah belajar ke UPT Puskesmas Cimanggis.

“Ternyata di Puskesmas Sawangan program kesehatan berbasis masyarakatnya sudah sangat baik. Ini menjadi pembelajaran berharga bagi kami,” ujar Anna kepada depok.go.id di Puskesmas Sawangan, Kamis (11/07/2019).

Dia mengaku, tertarik dengan program kesehatan bagi ibu hamil (bumil) di Puskesmas Sawangan. Dengan mengidentifikasi secara langsung bumil yang memiliki risiko tinggi, sekaligus memberikan nutrisi tambahan untuk para Bumil.

“Kami menilai baik upaya yang dilakukan Puskesmas Sawangan dengan melibatkan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan di wilayah. Saya juga sangat terkesan atas pelayanan yang diberikan Puskesmas ini,” tuturnya.

Di tempat yang sama, salah satu mahasiswa keperawatan UTS, Keely Mackie menuturkan, sangat terkesan dengan promosi kesehatan berbasis masyarakat yang ada di Sawangan. Diantaranya pemberian imunisasi di sekolah, pemberian makanan tambahan untuk Bumil, hingga pemeriksaan IVA tes untuk mengetahui kanker serviks.

“Di wilayah kami tidak terlalu banyak program yang berkembang di masyarakat termasuk program imunisasi di sekolah tidak ada,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo