Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Lurah Jatijajar Tinjau Sejumlah Titik Longsor di Wilayahnya

JD09 - berita depok
Selasa, 7 November 2023, 20:36 WIB
Lurah Jatijajar, Mujahidin meninjau langsung salah satu titik longsor di Kelurahan Jatijajar, Senin (06/11/23). (Foto : dok. Kelurahan Jatijajar)

berita.depok.go.id - Lurah Jatijajar, Mujahidin meninjau langsung tiga titik longsor di wilayahnya, akibat hujan deras yang terjadi pada Sabtu (04/11) hingga Minggu (05/11) kemarin di Depok.

"Kami sudah merekap dan meninjau semua lokasi longsor yang berada di kelurahan Jatijajar. Total ada tiga titik yaitu di RW 06 yang berbatasan dengan RW 11 RW 09 dan RW 10 Jatijajar," tutur Mujahidin kepada berita.depok.go.id, Selasa (07/11/23).

Mujahidin mengatakan, pihaknya sudah membuat laporan ke perangkat daerah terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. Agar segera dilakukan penanganan, minimal pengangkatan material longsor maupun bantuan bahan pokok.

“Pertama kami sudah bersurat ke dinas terkait, meminta tindak lanjut. Dan kami sudah memberikan bantuan kepada rumah yang terdampak,” ucapnya.

Longsor yang terjadi, lanjut Mujahidin, memiliki tinggi yang bervariatif. Dampak dari longsor ini terdapat sebagian jalan warga yang tertutup longsoran tanah.

Selain itu, juga ada beberapa tiga rumah yang terdampak. Ia memastikan, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi, sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah," ungkapnya.

Guna mengantisipasi kejadian serupa Mujahidin mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan sejumlah langkah.

Di antaranya, membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan selokan dan saluran air, menjaga kelestarian alam dan membuat sumur resapan.

“Selain itu, memperbanyak ruang terbuka hijau, membuat lubang biopori, serta membuat saluran air yang baik," ujarnya.

"Semoga dengan langkah yang dilakukan dapat meminimalisir dampak dari cuaca ekstrem ini," tutupnya. (JD09/ED 02)