Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

LPK di Depok Didorong Ciptakan SDM Formal dan Informal Kompeten

JD 05 - berita depok
Selasa, 28 November 2023, 18:50 WIB
Foto: JD 01/Diskominfo. Kepala Disnaker Kota Depok, Sidik Mulyono memberikan arahan pada pembukaan Pembinaan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta dan BLK di Aula Teratai Balai Kota, Selasa (28/11/23).

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Sidik Mulyono mendorong Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) tidak hanya mampu menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan sesuai kebutuhan dunia kerja. Namun, juga membentuk lulusan untuk menjadi wirausaha baru.

Pernyataan tersebut diungkapkannya saat pembukaan Pembinaan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta di Aula Teratai Gedung Balai Kota Depok, Selasa (28/11/23).

"Diharapkan LPK ini tetap bersinergi dan terus meningkatkan kinerjanya dalam mencetak SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan, baik sektor formal dan informal, kompeten dalam bekerja dan berwirausaha," ucap Sidik, sapaan akrab Kepala Disnaker, saat sambutan.

Dia menjelaskan, lowongan kerja di sektor formal terbilang cukup sedikit dan tidak mampu menyerap seluruh tenaga kerja di Indonesia. Oleh sebab itu, sektor informal menjadi alternatif bagi masyarakat dalam menopang hidup.

"Untuk mempercepat pengurangan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), kita bukan hanya mengembangkan penempatan kerja di sektor formal saja, akan tetapi juga pengembangan di sektor informal," ujarnya.

"Ke depan harus mampu perluas peluang SDM yang mampu bisa berkiprah di sektor informal (berwirausaha) karena akan memberikan multiplier effect (efek yang luas)," jelasnya.

Lanjut Sidik, saat ini Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Depok saat ini turun ke angka 6,94. Terjadi penurunan sebanyak 20.000 lebih pengangguran atau 0,83 persen.

"Saya sangat mengapresiasi seluruh stakeholder, lembaga pelatihan kerja yang telah berkontribusi konkret dalam menyiapkan SDM dan penempatan kerja tentunya," pungkas Sidik. (JD 05/ED 02)