Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kesra Pemerintahan Pendidikan

Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan, Dua Inovasi Ini Jadi Andalan Sukmajaya

JD 12 - berita depok

272
Rabu, 20 Jul 2022, 13:43 WIB

Camat Sukmajaya,  Fery Birowo saat melakukan pemaparan materi saat Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tingkat Kota Depok Tahun 2022 di Kantor Kecamatan Sukmajaya,  Selasa (19/07/22). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id- Kecamatan Sukmajaya turut berpartisipasi dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tingkat Kota Depok Tahun 2022. Pada lomba tersebut, inovasi Pilahin.com dan Training Service Excellence menjadi andalan Kecamatan Sukmajaya.

Camat Sukmajaya,  Fery Birowo mengatakan, permasalahan sampah menjadi ide dasar lahirnya Pilahin.com. Selain itu, imbuhnya, diperlukannya aplikasi digital yang membantu melakukan pemilahan sampah.

"Cuma yang menjadi permasalahan itu supaya data sampah yang ada di bank sampah bisa lebih maksimal, lebih cepat. Salah satunya kita kerja sama dengan Karang Taruna yaitu dibuatkan inovasi Pilahin.com ini," ujarnya kepada berita.depok.go.id di Kantor Kecematan Sukmajaya, kemarin (19/07/22).

Saat ini, kata Fery, dari 125 RW se-Kecamatan Sukmajaya, sebanyak 70 RW di antaranya telah terbentuk bank sampah. Untuk sementara penerapan Pilahin.com dimulai dari Kelurahan Cisalak sebagai percontohan yang sudah dimulai sejak Desember 2021.  

"Dengan Pilahin.com mempermudah nasabahnya saat dia menimbang. Untuk jenis sampah, nominalnya berapa sudah ketahuan, sehingga nanti setelah direkap bulanan bisa terlihat berapa jumlah uang yang terkumpul," ungkapnya.

Sementara Training Service Excellence, lanjut Fery, inovasi ini berkaitan dengan pelayanan yang ada di kelurahan, kecamatan, RT dan RW. Pelatihan bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) yang sudah dimulai sejak bulan Juni 2022, dengan Kelurahan Mekar Jaya sebagai lokasi fokus pelatihan.

"Mereka dilatih bagaimana kita melayani publik pada saat pelayanan masyarakat. Sehingga masyarakat itu pulang dengan puas karena hasil pelayanan yang maksimal. Baik itu dari sikap, tingkah laku, bahasa, kalimat, maupun penampilan," tandasnya. (JD 12/ED 01)


Apa reaksi anda?
0
1
0
0
0
0
0