Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Lestarikan Budaya Pencak Silat, APPSBI Sambangi Diskominfo Depok

JD 08 - berita depok
Kamis, 17 Desember 2020, 15:59 WIB

APPSBI saat meyambangi Diskominfo Kota Depok di Gedung Dibaleka II, lantai 7, Kamis (17/12/20).  (Diskominfo)

berita.depok.go.id-Upaya melestarikan budaya pencak silat, Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) menyambangi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Kunjungan tersebut juga dimaksudkan untuk meminta kesediaan Kepala Diskominfo, Sidik Mulyono menjadi Ketua APPSBI Kota Depok.

“Kami ingin melestarikan budaya pencak silat asli Indonesia. Untuk itu, kami menyambangi Diskominfo Kota Depok sekaligus meminta kesediaan Kadiskominfo menjadi Ketua APPSBI Kota Depok,” ujar Ketua Umum APPSBI, Awang Suwanda, di Ruang Rapat Diskominfo Kota Depok, Kamis (17/12/20).

Dikatakannya, saat ini terdapat kurang lebih 1000 anggota APPSBI yang tersebar di Jabodetabek dan sudah berkembang di 22 Provinsi. APPSBI sendiri berada di bawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

“APPSBI ini lahir di tahun 2010. Nah, untuk di Kota Depok, kami baru mau kembangkan. Mudah2an jika Kadiskominfo berkenan menjadi Ketua, nama APPSBI bisa semakin dikenal hingga mancanegara,” ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, pihaknya sangat mendukung keberadaan APPSBI. Sebab, imbuhnya, pencak silat harus dilestarikan agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman. 

Namun, lanjut Sidik, untuk bergabung dengan APPSBI, dirinya harus mempelajari terlebih dahulu. Mengingat organisasi ini baru pertama kali dibentuk di Kota Depok.

"Tawaran ini merupakan kehormatan bagi saya, sekaligus amanah besar, mengingat APPSBI Kota Depok baru pertama kali dibentuk. Tentunya butuh upaya yang serius serta dukungan yang penuh dari para anggota,” tutupnya (JD 08/ED 01/EUD02)