Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kualitas Udara Kota Depok Minggu Pagi dalam Kategori Sedang

JD09 - berita depok
Minggu, 27 Agustus 2023, 16:42 WIB
Ilustrasi suasana langit Kota Depok dari atas Margonda (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id - Angka Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Depok berada dalam kategori Sedang atau 54 PM.25 pada Minggu (27/08) pukul 09.00 WIB.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman mengatakan, Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) di Kota Depok milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan kualitas udara Kota Depok dalam kategori Sedang. SKPU terletak di Balai Kota Depok yang berada di pusat kegiatan masyarakat.

"Nilai ISPU di Depok pada beberapa hari terakhir berkisar dari 54 hingga 77. Artinya, tingkat kualitas udara masih dapat diterima pada kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan," tuturnya saat dihubungi berita.depok.go.id, Minggu (27/08/23).

Menurut Abra, sapaan akrabnya, dengan angka tersebut, setiap orang masih dapat melakukan aktivitas. Namun untuk kelompok sensitif diimbau untuk mengurangi aktivitas fisik yang terlalu lama dan berat.

Parameter pengukuran kualitas udara pada alat tersebut terdiri dari polutan particulate matter (PM2.5, PM10), Sulfur Dioksida (SO2), Nitrogen Dioksida (NO2), Karbon Dioksida (CO) dan ozon (O3).

"Pukul 09.00 WIB hari ini ISPU menunjukkan angka 54 untuk PM.25, 45 untuk PM.10, 18 CO, 8 N2O, 17 O3 dan 32 SO2," terang Abra.

Abra pun mengajak masyarakat Depok untuk melakukan hal yang membuat kualitas udara menjadi semakin baik, yakni dengan tidak melakukan aktivitas yang mencemari lingkungan

"Banyak hal dapat dilakukan oleh masyarakat, antara lain tidak melakukan pembakaran sampah, melakukan penanaman pohon, uji emisi secara berkala dan menggunakan transportasi umum massal," tutupnya. (JD 09/ED 02)