Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kota Depok Raih Perhargaan East Ventures-Digital Competitiveness Index

JD 08 - berita depok
Jumat, 2 Desember 2022, 16:30 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) atau indeks daya saing digital daerah, pada ajang Regional Summit tahun 2022. Penghargaan diberikan di Aryanusa Ballroom Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (01/12/22). (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) atau indeks daya saing digital daerah, pada ajang Regional Summit tahun 2022. Ini merupakan event tahunan dari Katadata Insight Center (KIC) dan East Ventures, perusahaan venture capital pelopor investasi startup teknologi. 

“Alhamdulillah, Kota Depok mendapatkan penghargaan atas pertumbuhan indeks tertinggi daya saing digital daerah, dan kami mewakili Wali Kota Depok Mohammad Idris untuk menerima penghargaan. Penghargaan diberikan di Aryanusa Ballroom Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (01/12) malam,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto, Jumat (02/12/22).

Dikatakannya, EV-DCI merupakan pemetaan daya saing digital daerah yang dibentuk dari 3 sub-indeks, 9 pilar, dan 50 indikator. Sub-indeks pembentuknya adalah input, output, dan penunjang. 

“Adapun pilar pembentuknya, yaitu sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pengeluaran TIK, perekonomian, kewirausahaan dan produktivitas," ujarnya.

"Selanjutnya, ketenagakerjaan, infrastruktur, keuangan dan regulasi serta kapasitas pemerintah daerah (Pemda),” kata Manto.

Manto menyebut, event yang telah berjalan sejak 2020 ini bertujuan mempertemukan para stakeholder, di tingkat pemerintah pusat dan daerah, pelaku bisnis dan civil society. Untuk berkolaborasi mewujudkan tujuan pembangunan daerah berkelanjutan.

“Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi sekaligus tantangan bagi kami khususnya Kota Depok, agar dengan nilai yang baik, bisa berdampak langsung kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Dengan nilai indeks daya saing digital daerah yang baik, diharapkan tingkat perekonomian masyarakat membaik dan indeks pemerataan pembangunan juga semakin baik. Sehingga masyarakat merasakan adanya pemerataan pembangunan di Kota Depok,” tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD02)